Kupas360.com - Media Sahabat Indonesia

Situs Informasi Berita Terkini dan ilmu Pengetahuan

Selasa, 19 November 2019

Toyota Alphard, MPV Premium Punya Cita Rasa Sedan Saloon

Segmentasi dari mobil mewah di Indonesia, kini tidak lagi didominasi oleh mobil berjenis sedan. Seiring kebutuhan konsumen, MPV kini juga semakin berkembang jadi mobil kelas premium. Toyota Alphard adalah salah satunya, MPV premium keluaran dari Toyota Indonesia ini di awal 2018 lalu pernah mendapatkan penyegaran, dengan pelbagai penambahan ornamen, serta fitur di bagian eksterior dan interior.
Toyota Alphard
Toyota Alphard

Dengan berbagai ubahan yang ada itu, membuat Toyota Alphard semakin mahal. Saat itu, PT Toyota Astra Motor selaku agen pemegang mereknya, menaikkan harganya sekitar Rp 50,3 juta. Ini membuat duet Toyota Alphard dan Vellfire tampil semakin mewah dan juga menawan dengan pertajam kesan luxury MPV Series.

Toyota Alphard ini berikan seluruh fitur yang diinginkan oleh konsumen kelas atas. Jadi tidak heran, jika kemewahan pada Alphard ini patut disandingkan dengan sedan jenis saloon keluaran dari merek Jepang atau bahkan Eropa sekalipun.

Selain itu, kehandalan dari mesin yang bisa menghasilkan performa tinggi dan keamanan dan keselamatan dari fitur yang tersemat. Toyota Alphard ini di Indonesia tersedia dalam tiga varian dengan pilihan harga berbeda.

Sekilas Perjalanan Toyota Alphard di Indonesia

Nama Alphard ini diambil Toyota dari nama bintang yang paling terang dalam konstelasi Hydra. Sementara itu, pakar astronomi dari Eropa menyebutkan bintang Alphard sebagai Cor Hydrae atau ‘The Heart of the Snake’. Itulah yang menyebabkan adanya logo ular pada grill bagian depan dan bukan menggunakan logo Toyota.
Toyota Alphard hitam
Toyota Alphard hitam
Mobil ini pada awalnya hanya tersedia dalam versi tujuh atau delapan tempat duduk dengan sejumlah opsi mesin, yakni 2.400cc serta 3.500cc. Toyota Alphard pada mulanya dibuat untuk pasar domestik Jepang saja, tetapi kini sudah dijual di beberapa negara Asia lainnya, termasuk di Indonesia.

Secara resmi mobil besar ini masuk ke Indonesia dan tergabung dalam keluarga Toyota Indonesia pada tahun 2002 lalu. Toyota Alphard jadi pionir dalam segmen MPV kelas mewah di Indonesia, karena saat itu belum banyak pesaingnya.

Saat ini generasinya telah masuk generasi ketiga, dengan bawa sejumlah perubahan terutama dari segi tampilan dan fitur yang semakin melimpah. Minor facelift di awal tahun membuat Toyota Alphard jadi mobil dengan kenyamanan yang terkesan dan fitur keselamatan yang lengkap.

Eksterior Toyota Alphard, Mewah Layaknya Sedan Saloon

Toyota Alphard sendiri sudah jadi solusi dari berbagai kalangan elit yang butuh kendaraan mewah berkapasitas besar. Hal ini tentu tidak dipenuhi oleh sedan saloon sekalipun. Desain eksterior MPV boxy ini juga memancarkan kesan ‘mahal’ pada grille yang berukuran besar dengan palang berbentuk tegak.
mobil alphard
Mobil Alphard
Ubahan desain pada bagian belakang bumper menyesuaikan dengan rancangan grille, serta foglamp bezel, agar lebih modern mengikuti alur desain dari headlamp. Untuk mengesankan suatu mobil mewah nan futuristik dan modern, maka Toyota berikan desain baru berupa stop lamp LED yang semakin dipercantik dengan door garnish beraksen krom.

Mesin Bertenaga Besar Andalan Toyota Alphard

Membahas suatu mobil MPV mewah, tidak lengkap rasanya jika tidak singgung sisi dapur pacunya. Toyota menyiapkan mesin dengan tenaga besar untuk Toyota Alphard yakni, mesin bertipe 2AR-FE yang memiliki 4 silinder 16 katup dan berteknologi DOHC Dual VVT-I dengan kapasitas kubikasi 2.494 cc.

Mesin Alphard tadi sanggup berikan semburan tenaga hingga mencapai 180 Ps per 6000 rpm, serta mampu mencapai titik puncak torsi pada 23.9 Kg.m per 4100 rpm.

Selanjutnya, untuk Toyota Alphard varian tertinggi menggendong mesin berkode 2GR-FE, dengan kapasitas 3.456cc v6 24 Valve DOHC. Dengan teknologi dual VVT-i. Torsi cukup besar pada putaran bawah membuat Toyota Alphard ini responsive, baik untuk perjalanan dalam kota maupun perjalanan antar kota.

Berbekal tangki bensin berkapasitas 75 liter, Toyota Alphard mampu menempuh jarak setidaknya 750-900 kilometer, itu dengan kondisi bensin terisi penuh. Sebab, konsumsi bahan bakar Toyota Alphard berkisar antara 10-12 km/liter.

Didukung teknologi dari Dual VV-TI with ETCS-i and ACIS mampu optimalkan torsi, selama kecepatan rendah dan sedang, dan meningkatkan tenaga selama kecepatan tinggi.
Author Profile

About Admin

“Kekuatan bukan berasal dari kemenangan. Perjuangan adalah yang melahirkan kekuatan. Ketika Anda menghadapi kesulitan dan tak menyerah, itulah kekuatan.”

0 Komentar Toyota Alphard, MPV Premium Punya Cita Rasa Sedan Saloon

Posting Komentar

Back To Top