Kupas360.com - Media Sahabat Indonesia

Situs Informasi Berita Terkini dan ilmu Pengetahuan

Kamis, 13 September 2018

Arti Kata Konsumerisme, Materialisme, Dan Hedonisme Dan Contohnya

Konsumerisme, Materialisme, Dan Hedonisme
ilustrasi Konsumerisme, Materialisme, Dan Hedonisme
Pernahkah anda mengengar kata konsumerisme, materialesme dan hedonisme? Nah, jika anda belum paham istilah-istilah tersebut, jangan khawatir. Sudah tepat anda berada di halaman, ini. Karena pada kesempatan ini kami akan mengupas masing-masing istilah diatas secara lengkap. Silahkan disimak.

Konsumerisme

Menurut kamus besar bahasa indonesia (KBBI) arti kata konsumerisme adalah paham atau gaya hidup yang menganggap barang-barang mewah sebagai ukuran kebahagiaan, gaya hidup yang boros dan sebagainya. Konsumerisme dalam KBBI juga bisa diartikan sebagai gerakan atau kebijakan konsumen dengan menata metode dan standar kerja produsen, penjual, dan pengiklan.
Menurut stearns, konsumerisme merujuk pada pembelian barang yang tidak dibutuhkan bagi kebutuhan invidivu atau rumah tangga. Godazgar membagi konsumsi menjadi 2 perspektif.

Pertama, perspektif tradisional atau traditional view, fokus pada pemenuhan kebutuhan dasar atau basic needs dengan orientasi pada pencarian akan kepuasan. Kedua, pendekatan modern atau modern view yang berimplikasi pada kepemilikan barang dan jasa yang mewah dan berlebih, berorientasi pada kesenangan melalui pemenuhan hasrat dan keinginan. Inilah yang disebut dengan konsumerisme.

Menjamurnya pusat perbeanjaan dan iklan yang menggoda mata mencerminkan budaya konsumerisme yang meningkat. Budaya konsumtif bahkan nenimbulkan penyakit kleptomania yang diartikan sebagai hasrat yang berlebih untuk memiliki suatu benda dengan cara mencuri, yang menyebabkan angka kriminalitas makin meningkat.

Menurut stearns, ada 3 penyebab mengapa perilaku konsumtif terjadi
- Keterjangkauan akan suatu barang yang semakin mudah
Semua barang yang tidak pernah anda temui sebelumnya bisa dengan mudah masuk melakuki proses impor. Inilah yang mengakibatkan selera konsumen menjadi beragam
- Munculnya budaya baru yang dipengaruhi oleh pertumbuhan sekulerisme dan romantisme
Ekspresi emosional para novelis romastis berakibat pada budaya konsumtif seperti keinginan untuk menghias bagian tubuh terutama terjadi pada wanita
- Pengaruh sosial, keinginan individu untuk mencapai status sosial tertentu di tengah masyarakat
Tekanan dan gaya hidup yang tinggi menyebabkan solidaritas sosial mulai retak, persaingan sosial yang semakin meningkat, dan pencapaian status menjadi tujuan utamanya. Disinilah konsumerisme berperan. Pola hidup yang konsumtif mulai menjangkiti masyarakat terutama kamum muda dan para wanita.

Contoh konsumerisme:
1. Membeli suatu barang untuk meningkatkan status sosial dan gengsi
2. Penilaian bahwa produk dengan harga mahal akan membuatnya percaya diri.
3. Membeli barang diluar batas kemampuanya, misal si A kredit mobil padahal gaji Cuma 2 juta. Alhasil si A nunggak cicilan mobil

Materialisme

Materialisme merupakan pandangan hidup yang semata-mata hanya mencari keenangan, kekayaan dan harta benda merupakan tujuan utama kehidupan. Materialisme juga mengesampingkan agama dan tuhan, bahkan tidak mengakui adanya tuhan dan benda-benda yang tidak berwujud lainya.

Menurut KBBI, arti kata materialisme merupakan pandangan hidup yang menjadi dasar segala sesuatu termasuk kehidupan manusia di dalam alam kebendaan dengan mengesampingkan yang mengesampingkan segala sesuatu diluar indra. Materialisme juga merupakan salah satu paham filsafat yang mengatakan bahwa hal yang benar-benar ada adalah materi. Semua hal terdiri atas materi dan semua fenomena merupakan hasil interaksi dengan materi. Materialisme tidak mengetahui entitas-entitas non-material sepertimalaikat, roh, hantu, dan sebagainya. Realitas merupakan satu-satunya materi. Menurut Thomas Hobbes, materialisme menyangkal adanya roh dan jiwa karena keduanya hanya pancaran dari materi. Menurut hornby, materialisme merupakan kepercayaan bahwa yang ada hanyalah benda-benda materi saja.

Para penganut materialisme tidak menganggap bahwa satu-satunya realtas adalah materi. Dinyatakan bahwa materi dan perubahanya bersifat abadi.

Contoh materialisme: si A dengan pekerjaan dan jabatan yang mapan ia percaya hanya dengan itulah dia mampu mencukupi kebutuhan hidupnya dan melupakan tuhan, dia lupa bahwa rezeki, jabatan , pekerjaan semua sudah diatur oleh tuhan.

Hedonisme

Hedonisme merupakan pandangan hidup yang diwujudkan dalam bentuk gaya hidup dimana kenikmatan hidup merupakan tujuan utama. Secara etimologi, hedonisme berasal dari bahasa yunani yaitu hedone yang berarti kesenangan.

Arti kata hedonisme menurut para ahli

1. Burhanuddin
Menurut burhanuddin, hedonisme merupakan sesuatu yang baik, karena mendatangkan kesenangan, sesuatu yang mendatangkan kesusahan, penderitaan, dan tidak menyenangkan menurutnya adalah sesuatu yang tidak baik

2. Collins gem
Menurutnya, hedonisme adalah doktrin yang menyatakan bahwa kesenangan adalah hal yang penting dalam hidup. Dengan kata lain, hedonisme merupakan paham yang dianut oleh orang-orang yang mencari kesenangan hidup semata.

3. Sarwono
Menurut sarwono, hedonisme merupakan gaya hidup seseorang yang dijalani sesuai gambaran yang dipikiranya.

Beberapa faktor penyebab hedonisme antara lain
1. Faktor internal
Faktor internal merupakan penyebab hedonisme utama. Sudah menjadi sifat manusia tidak pernah puas dengan yang sudah dimilikinya. Sifat inilah yang menjadi penyebab perilaku hedonisme.
2. Faktor eksternal
Penyebab hedonisme dari luar adalah arus informasi dari luar yang sangat besar. Kebiasaan dan paham orang dari luar negeri yang dianggap membawa kesenangan kemudian diadopsi oleh masyarakat indonesia.

Contohnya:
Si B mempunyai orang tua kaya raya dan selalu berfoya-foya untuk memuaskan kesenangan duniawinya, dari contoh ini anda bisa melihat bahwa si A dengan instan mendapat apa yang dia inginkan tetapi tidak tahu perjuangan dari nol, dari yang tidak punya apa-apa menjadi punya apa-apa.

Nah, sekarang sudah paham ya mengenai arti kata konsumerisme, materialesme dan hedonisme? Semoga bermanfaat.

Author Profile

About bangrinal purba

“Kekuatan bukan berasal dari kemenangan. Perjuangan adalah yang melahirkan kekuatan. Ketika Anda menghadapi kesulitan dan tak menyerah, itulah kekuatan.”

0 Komentar Arti Kata Konsumerisme, Materialisme, Dan Hedonisme Dan Contohnya

Posting Komentar

Back To Top