Kupas360.com - Media Sahabat Indonesia

Situs Informasi Berita Terkini dan ilmu Pengetahuan

Selasa, 08 Mei 2018

CPU KOMPUTER KAMU DOYAN MATI SENDIRI? NAH, INI PENYEBABNYA YANG HARUS KAMU TAHU

Pasti ngeselin bangat kan lagi enak-enak main game tiba-tiba komputer mati sendiri, lagi ngerjain tugas bejibun dan deadlinenya udah mepet banget, tiba-tiba mati. Mending kalo udah disave, ini baru mulai ngerjain dan moodnya lagi booster. Belum lagi listrik mati gak nyala-nyala, gak punya baterai saver yasudahlah.

CPU
CPU
 Pernah mengalaminya sob? Atau bahkan sering? Apa ya kira-kira penyebabnya? Gimana nih cara mengatasi CPU yang doyan mati sendiri?... oke oke, tenang sob. Kita bakal bahas penyabab dan cara mengatasi CPU komputer doyan mati bagaimana. Hal ini juga kerapkali berdasarkan pengalaman penulis sendiri,hehe. Cukup menyebalkan dan membuat emosi setingkat harimau keluar dari kandangnya,uppps...chekidot sob.

Overheat (CPU Kepanasan)

Penyebab CPU komputer overheat (kepanasan) biasanya karena pengguna menjalankan aplikasi terlalu banyak dan berat, misalnya bermain game yang ukurannya melebihi kemampuan spesifikasi komputer sobat. Tentunya hal ini membuat perangkat keras dalam CPU seperti VGA Card/Kartu Grafis atau RAM bekerja lebih kuat dan memaksa, sobat bisa mengechecknya langsung di Task Manager. Pada bagian Users akan terlihat penggunaan memory, CPU berapa persen. Jika keduanya mendekati angka 100% berarti penggunaan komputer sobat terlalu boros dan tinggi. Sehingga wajar saja, jika CPU mengalami overheat hingga menyebabkan mati sendiri. Solusinya ialah, sobat cukup mengurangi aplikasi yang berjalan berlebihan, berat atau yang banyak memakan RAM, perlu disesuaikan dengan software perawatan atau penggunaan aplikasi yang sesuai spesifikasi komputer sobat.

Debu yang menumpuk 

Hal ini sangat mempengaruhi CPU doyan mati sendiri juga loh,sob. Mengapa demikian? Karena banyaknya debu yang menumpuk dalam CPU mengakibatkan perangkat keras dalam CPU seperti, motherboard, kipas, RAM atau VGA menjadi macet bekerja. Perangkat menjadi panas karena tidak mendapat ruangbebas atau tertumpuk debu, kipas/fan yang seharusnya mendinginkan area motherboard dan sekitarnya menjadi lambat berputar dan membuat CPU menjadi panas hingga mengakibatkan komputer mati sendiri.

Solusinya ialah, sobat perlu membongkar CPU dan membersihkan dari debu-debu yang menempel dan menumpuk. Sobat bisa membersihkannya menggunakan penghisap debu atau dengan kain sedikit basah untuk mengelap debu-debu. Bersihkan dengan hati-hati dan lepas perangkat seperti heatsink, fan processor kemudian pasang kembali dengan baik, kencang/kuat. Test nyalakan CPU sobat apakah masih mati-mati jika dijalankan.

Pasta Processor (Thermal Paste) kering

Pasta processor ialah pasta pendingin untuk membantu Processor, heatsink agar tidak bekerja cepat panas. Cara kerjanya cukup sobat oleskan ke processor secara merata, jangan terlalu tebal. Jika sudah mengering, lakukan pengolesan kembali untuk membuat processor dan heatsink menjadi dingin atau tidak mendapat panas yang berlebih (overheating). Demikian, processor dan sekitarnya di dalam CPU bekerja menjadi lebih optimal dan tidak membuat CPU menjadi panas atau mati-mati sendiri.

Listrik tidak stabil

Listrik tidak stabil dapat mempengaruhi komponen CPU komputer tidak dapat berjalan secara optimal karena kekurangan pasokan daya listrik, akhirnya menyebabkan CPU komputer mati sendiri. Pastikan listrik yang diterima CPU komputer sobat stabil dan normal, biar aman sebaiknya sobat menggunakan stabilizer dan menghubungkan kabel supply komputer ke stabilizer tersebut.

Permasalahan pada Perangkat Keras dalam CPU (rusak):

Adanya komponen atau perangkat keras dalam CPU yang bermasalah juga menyebabkan komputer tidak bekerja dengan baik. Misalnya rusak pada power supply yang menyebabkan pasokan daya komputer kurang atau terputus akibatnya berulah doyan mati-mati. Kerusakan seperti ini diantaranya sering terjadi korsleting listrik, lonjakan daya listrik yang diterima powersupply hingga merambat ke komponen CPU lainnya. jika demikian sobat perlu mengganti powersupply yang baru. Selain permasalahan pada powersupply, kemungkinan lain rusak pada VGA Card, RAM atau Harddisk bahkan masalah kerusakan yang paling berat terjadi pada bagian Motherboard.

Terserang Virus
Komputer yang terserang virus dapat menyebabkan CPU bekerja lebih keras akibat lambatnya aplikasi yang dibuka dan menguras penggunaan CPU dan RAM, sehingga CPU menjadi panas dan akhirnya mati sendiri. Jika demikian, sobat perlu scanning total pada data komputer sobat, lakukan scanning dengan antivirus yang ampuh dan buka melalui safe mode. Atau sobat bisa melakukan install ulang sistem operasi agar lebih aman dan bersih.

Driver atau Software Crash
Penginstallan Driver atau Software yang tidak cocok/layak sesuai spesifikasi komputer, juga dapat menyebabkan CPU mati. Artinya Driver atau Software kemungkinan crash/rusak sehingga tidak pas dengan hardware atau OS (Sistem Operasi) yang digunakan. Maka sebaiknya sobat perlu mengganti driver atau Software yang sesuai minumum spesifikasi komputer sobat atau lebih baik di uninstall. Pastikan juga driver/software yang dipasang versi terbaru (last update) sehingga mendukung komponen dalam CPU bekerja lebih baik.

Demikian postingan tentang Penyebab CPU komputer doyan mati sendiri mulai dari penyebab dan cara mengatasinya telah disampaikan diatas, semoga dapat membantu dan mengurangi permasalahan yang dialami sobat. Terimakasih atas kunjungan berharganya sob..
Author Profile

About bangrinal purba

“Kekuatan bukan berasal dari kemenangan. Perjuangan adalah yang melahirkan kekuatan. Ketika Anda menghadapi kesulitan dan tak menyerah, itulah kekuatan.”

0 Komentar CPU KOMPUTER KAMU DOYAN MATI SENDIRI? NAH, INI PENYEBABNYA YANG HARUS KAMU TAHU

Posting Komentar

Back To Top