Kupas360.com - Media Sahabat Indonesia

Situs Informasi Berita Terkini dan ilmu Pengetahuan

Selasa, 08 Mei 2018

Biar Tau, Begini Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop/Komputer Kamu dengan Mudah

Mungkin selama ini kita hanya fokus menggunakan laptop/komputer ya tanpa tau spesifikasi laptop/komputer yang digunakan. Padahal penting lho, apalagi buat sobat yang membutuhkan performa dan kualitas bagus untuk sebuah komputer gaming (bermain game) atau memang pengen tau laptop/komputer kelas High End jaman now seperti apa. Kan ada baiknya tuh, mau beli laptop/komputer jadi tau mendapatkan barang spesifikasi bagus dengan mempertimbangkan harga, tentunya disesuaikan dengan budget sobat juga dong. Meski sebenarnya saat kamu datang mau beli pasti disuguhi brosur atau buku manual tentang penjualan komputer di toko fisik lengkap dengan gambar plus harganya.

Tapi gimana nih kalo menyamakan spesifikasi laptop/komputer dari brosur dan buku panduan dengan spesifikasi yang ada di laptopnya langsung nih? Penting banget dong kinerjanya seperti apa kan... untuk menghindari kesalahpahaman dalam mengamati brosur sekaligus menambah pengetahuan sobat dalam memilah dan memilih spesifikasi komputer yang berkualitas menurut kegunaan dan kepentingan sobat.

Nah biar kita sama – sama tau nih, yuk baca dulu artikel ini gimana sih Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop/Komputer Kamu dengan Mudah. Berikut cara mudahnya, sob.. :

  • Check melalui My Computer (Basic System Information)
Sobat bisa langsung tekan pintas pada keyboard laptop/komputer dengan menekan logo windows + E kemudian klik kanan pada jendela My Computer (This PC) lalu pilih Properties.

Nah disitu akan tampil informasi dasar tentang spesifikasi laptop/komputer sobat seperti gambar dibawah ini


My Computer (Basic System Information)

Tampak bahwa informasi diatas menampilkan Jenis Processor yang digunakan, RAM yang tersedia, Type Sistem Operasi Windows dan Nama Komputer yang kita buat. Dibagian paling bawah juga menginformasikan bahwa Windows yang kita gunakan sudah diaktivasi.
  • Check melalui Display Properties
Selain mengetahui Basic Information pada My Computer, ada informasi spesifikasi lain yang perlu sobat tau yaitu Kartu Grafis atau dikenal VGA Card. Kartu VGA merupakan perangkat keras yang cukup penting untuk mendukung kinerja sebuah komputer dalam bermain game, desain/editing maupun kepentingan user lainnya untuk mengoptimalkan penggunaan. Semakin tinggi total Graphics Memory yang tersedia maka semakin bagus digunakan.

Berikut cara mengecheknya (jika windows 7) :
Klik kanan pada tampilan desktop lalu pilih Screen Resolution > Advanced Setting.

Display Properties

(jika menggunakan windows 8 dan 10):
Pada tampilan desktop, sobat klik kanan pilih Display Setting > Advanced Display Settings > Display Adaptor Properties.

Advanced Display Settings

  • Check melalui DXDIAG (DirectX Diagnostic Tool)
Selain 2 cara diatas, ada cara untuk mengetahui informasi spesifikasi tentang komputer yang lebih lengkap dan detail. Yaitu dengan menggunakan fitur DXDIAG. Caranya sobat cukup tekan Windows + R kemudian ketikkan DXDIAG pada kolom + enter.

DXDIAG


Pada gambar diatas, pada Tab System sobat dapat mengetahui OS yang digunakan baik itu versi 32 atau 64 bit, System Model, versi BIOS, Processor, ukuran Memori yang terpasang pada komputer serta Penggunaan Memory yang berjalan. Untuk informasi kualitas kartu grafis klik Tab Display, untuk perangkat dan driver suara klik Tab Sound, selanjutnya untuk driver dan perangkat yang terpasang pada komputer klik Tab Input.

Perlu diketahui jika Notes pada Tab Display “No Problem found” artinya semua driver terpasang dengan baik atau laptop/komputer sobat dalam keadaan normal dan sehat.

Gimana sob setelah memperhatikan cara Mengetahui Spesifikasi Komputer diatas? Mudah kan? Jadi sekarang gak ada lagi alasan untuk bingung cara mengatahui spesifikasi komputer itu gimana, kalo sobat lupa tinggal searching aja atau buka lagi deh artikel ini ya..hehe.

Lihat juga:  5 Teknologi ini mendukung Gaya Hidup Anda menjadi lebih Sehat

1 hal lagi, sekarang sobat jadi bisa menjalankan aplikasi apa yang baik dan cocok sesuai tingkat kemampuan komputer sobat. So, jangan dipaksa dengan kamampuan RAM dan VGA komputer yang minim tapi dipake untuk gaming yang berat, atau jalankan aplikasi yang banyak memakan RAM.

Sekian postingan cara Mengetahui Spesifikasi Komputer Kamu dengan Mudah, semoga sobat dapat memahami dan mempraktekkannya. Mohon maaf jika terdapat salah penyampaian dan Terimakasih atas kunjungan berharganya sob...^^
Author Profile

About bangrinal purba

“Kekuatan bukan berasal dari kemenangan. Perjuangan adalah yang melahirkan kekuatan. Ketika Anda menghadapi kesulitan dan tak menyerah, itulah kekuatan.”

0 Komentar Biar Tau, Begini Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop/Komputer Kamu dengan Mudah

Posting Komentar

Back To Top