Kupas360.com - Media Sahabat Indonesia

Situs Informasi Berita Terkini dan ilmu Pengetahuan

Kamis, 05 April 2018

Tugas dan Tanggung Jawab Marketing Bank

Seiring berjalannya waktu, teknologi dan informasi mulai memasuki era yang lebih maju. Hal ini membuat profesi di bidang pemasaran atau marketing, menjadi banyak dibutuhkan. Namun, karena segmentasinya pun juga ikut meluas. Maka sumber daya yang dibutuhkan juga harus berkualitas.

Apalagi untuk profesi di bidang marketing bank. Diperlukan jaringan yang luas, jiwa sosial yang tinggi, aktif dalam bekerja, dan mampu berkomunikasi dengan baik. Sehingga tidak mudah untuk bisa terjun di bidang ini.

marketting bank

Jenis Marketing Bank Berdasarkan Tugasnya

Pada dasarnya, tugas utama seorang marketing bank yaitu melakukan rangkaian proses pemasaran (mulai dari proses pembuatan hingga penyampaian informasi) dari produk/jasa yang ditawarkan oleh bank. Namun jika ditinjau dari segi tugas dan fungsinya, maka marketing bank bisa dibagi menjadi dua. Yaitu :

1. Marketing Funding

Marketing Funding adalah salah satu jabatan pekerjaan di sebuah bank yang mempunyai fungsi untuk mempromosikan atau memasarkan, dan menghimpun dana dari masyarakat.

Nama lain dari marketing funding adalah funding officer. Selain itu, funding officer juga lebih banyak menghabiskan waktu di lapangan. Sehingga jarang sekali kita bisa melihatnnya di dalam kantor.

Meski di luar kantor, seorang marketing funding tetap tidak boleh sembarangan saat melaksanakan tugasnya. Karena biasanya, mereka sudah diberikan list nama orang yang berpotensi untuk menabung atau menitipkan dananya ke bank yang bersangkutan.

Nah, terkait tugas dan tanggung jawab marketing bank (funding) adalah sebagai berikut.

Tugas dan Fungsi Marketing Funding

- Mencari nasabah (pihak ketiga) yang ingin menyimpan dananya di bank, dengan menawarkan produk dari bank yang bersangkutan. Misalnya seperti, simpanan giro, simpanan tabungan, atau simpanan deposito.
- Mempromosikan, mengenalkan, dan memasarkan produk bank, dengan cara memperluas jangkauan relasi antar bank ataupun yang diluar bank tersebut.

Tanggung Jawab Marketing Funding

- Mencapai target untuk menghimpun dana dari nasabah, sesuai dengan yang diberikan oleh bank kepada marketing funding.
- Memasukkan dana yang telah dihimpun dari nasabah, kedalam produk simpanan bank. Misalnya seperti simpanan giro, simpanan tabungan, atau simpanan deposito.
- Menyalurkan kembali dana yang sudah dihimpun, kepada pihak lain atau nasabah baik itu individu, swasta, ataupun lembaga dalam bentuk produk pinjaman bank seperti kredit. Selain tanggung jawab marketing funding, bagian ini juga merupakan tugas dari marketing lending.

Kemampuan yang Harus Dimiliki Marketing Funding

- Mempunyai kemampuan untuk membangun atau menjalin relasi (jaringan) dengan orientasi target yang sudah ditentukan.
- Mempunyai kemampuan Interpersonal skill yang baik.
- Mempunyai kemampuan untuk menganalisa calon nasabah dari segi kebutuhannya.
- Mempunyai kemampuan untuk menjaga hubungan baik dengan nasabah lama dan baru.
- Mempunyai kemampuan untuk berkomunikasi yang baik.

2. Marketing Lending

Marketing Lending adalah salah satu jabatan pekerjaan di sebuah bank yang mempunyai fungsi untuk menyalurkan dana yang sudah dihimpun marketing funding kepada masyarakat, swasta, lembaga atau instansi dalam bentuk produk pinjaman bank seperti :

- Local L/C
- Transaksi Valuta Asing
- Transfer
- Pembayaran Layanan Umum
- Safe Deposit Box
- Kredit Program / Program Credit
- Kredit Program Karyawan / Employee Program Credit
- Kredit Usaha Kecil / Small Entreprise Credit
- Kredit Investasi / Investment Credit
- Kredit Modal Kerja / Work Capital

Tugas dan Fungsi Marketing Lending

- Mencari nasabah yang memerlukan dana untuk keperluan pribadi atau keperluan pengembangan perusahaan dengan bentuk produk pinjaman yang disesuaikan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.
- Memberikan daya tarik saat menawarkan beberapa produk pinjaman bank. Misalnya seperti, bagi hasil atau bunga bank kecil/rendah, atau proses tidak berbelit-belit dan mudah.

Tanggung Jawab Marketing Lending

- Bertanggung jawab dengan pencapaian target pembiayaan yang sudah ditetapkan menjadi kebijakan masing-masing bank.
- Mampu menyalurkan atau menjual dana kredit kepada nasabah lama dan nasabah baru.
- Mampu untuk menganalisis pembiayaan.
- Merealisasikan dan memproses pembiayaan.

Kemampuan yang Harus Dimiliki Marketing Lending

- Customer Oriented
- Mempunyai kemampuan untuk bekerja dibawah tekanan.
- Berorientasi pada target dana kredit (pembiayaan)
- Mempunyai kemampuan untuk menjaga hubungan baik dengan nasabah baru dan nasabah lama.
- Mempunyai kemampuan untuk bekerja dalam tim dan juga individu.
- Mempunyai kemampuan berkomunikasi dengan baik.

Tips Menjadi Marketting bank
Tips Menjadi Marketting bank

Tips untuk Menjadi Seorang Marketing Bank


berkenalan dengan jabat tangan
1. Berkenalan

Sebelum anda melakukan training. Sebaiknya anda mempelajari terlebih dahulu mengenai model dan kondisi bank tempat anda bekerja. Maksimalkan kesempatan ini untuk memperbanyak ilmu perbankkan anda.

2. Mencari dan Mengumpulkan Database

Setelah masa training, anda harus bisa mencari dan mengumpulkan database calon nasabah sebanyak-banyaknya. Entah itu dalam bentuk data yang masih mentah, ataupun data yang sudah matang dan siap survei.

Teliti

3. Pelajari Database dengan Teliti

Pelajari database yang tadi sudah anda kumpulkan secara detail. Mulai dari siapa mereka, usaha yang mereka jalankan, apa keinginan mereka, dan lain sebagainya. Dengan melakukan hal ini, anda bisa lebih mudah untuk mendapatkan kepercayaan mereka. Sehingga kemungkinan anda ditolak menjadi lebih kecil.

4. Jadilah Agen Eksklusif

Anda memang butuh banyak nasabah untuk kemajuan karir anda. Namun, jangan gunakan wajah yang memelas saat mendatangi calon nasabah. Anda harus datang seperti agen eksklusif yang bisa memberikan bantuan pada calon nasabah anda.

5. Target Harian, Bukan Bulanan

Target yang diberikan bank kepada marketing biasanya adalah target bulanan. Nah, agar anda yang baru terjun ke dunia ini tidak terlalu tertekan dengan target. Sebaiknya ubah fokus anda menjadi target harian. Sehingga saat anda berusaha memenuhi target harian anda. Secara otomatis target bulanan anda pun akan terpenuhi.

Seorang Wanita cantik Marketting bank

Nah, itulah penjelasan mengenai tugas dan tanggung jawab marketing bank. Semoga informasi ini bisa membantu anda menyiapkan diri sebelum terjun di dunia marketing, terutama di bidang perbankkan.

Author Profile

About bangrinal purba

“Kekuatan bukan berasal dari kemenangan. Perjuangan adalah yang melahirkan kekuatan. Ketika Anda menghadapi kesulitan dan tak menyerah, itulah kekuatan.”

0 Komentar Tugas dan Tanggung Jawab Marketing Bank

Posting Komentar

Back To Top