Kupas360.com - Media Sahabat Indonesia

Situs Informasi Berita Terkini dan ilmu Pengetahuan

Rabu, 04 April 2018

Tugas dan Tanggung Jawab Kasir

Seorang kasir
Tugas dan tanggung jawab kasir - Sampai sekarang, masyarakat masih banyak yang mencari pekerjaan sebagai seorang kasir. Hal ini dikarenakan banyaknya lowongan pekerjaan untuk bidang ini. Selain itu, pesatnya pertumbuhan perusahaan juga sangat mempengaruhi kebutuhan tenaga kasir. Sehingga peluang untuk mendapatkan pekerjaan ini menjadi lebih besar.

Apa sih Kasir itu?

Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, kasir adalah seseorang yang bertugas untuk membayarkan dan menerima uang. Selain kasir, ada pula istilah kassa yang harus anda ketahui. Jika kasir itu orangnya, maka kassa itu adalah tempatnya.

Secara umum, tugas dan tanggung jawab kasir yang paling utama adalah menerima pembayaran uang dari pembelian produk (jasa atau barang) dan mengembalikan sisa uang pembayaran, serta menyerahkan produk (jasa atau barang) pada customer (pelanggan). Selain itu, kasir juga bertugas untuk menghitung total jumlah penjualan per hari, minggu, atau bulan dan mengetahui produk yang paling laris dijual.


Tugas Kasir

1. Melakukan penjualan produk dan penerimaan pembayaran

Kasir adalah ujung tombak suatu perusahaan, karena mereka berhadapan langsung dengan pelanggan yang melakukan pembayaran. Sehingga penampilan yang rapi dan menarik, serta sikap ramah dan sopan merupakan hal penting yang harus dimiliki seorang kasir.

Selain itu, ketelitian dan kemampuan berkomunikasi yang baik juga harus dimiliki seorang kasir. Misalnya saat mengecek keaslian uang dengan lampu ultraviolet, atau menghitung kembalian agar tidak lebih atau kurang.

2. Mencatat semua transaksi dengan teliti

Kasir harus teliti saat mencatat semua transaksi, karena akibatnya sangat fatal jika salah dalam menuliskan angka. Meski sekarang sudah ada aplikasi yang bisa memudahkan proses ini, namun seorang kasir tetap harus teliti saat memasukkan data barang yang dibeli pelanggan.

3. Menginformasikan suatu produk pada pelanggan

Kadang ada juga pelanggan yang bertanya mengenai ketersediaan, harga, ataupun tanggal kadaluarsa barang kepada kasir. Oleh karena itu, kemampuan komunikasi dan pengetahuan suatu produk perlu dimiliki seorang kasir. Agar pelanggan merasa senang dan nyaman karena pertanyaannya bisa dijawab.

4. Melakukan transaksi dan packing produk

Kasir juga bertugas untuk memasukkan barang yang telah dicatat kedalam plastik. Saat melakukan tugas ini, kasir akan memisahkan plastik untuk produk makanan dan yang bukan makanan.

5. Mengecek barang sebelum diserahkan pada pelanggan

Menyerahkan barang merupakan tugas akhir kasir saat melayani seorang pelanggan. Namun sebelumnya, kasir harus memastikan semua barang yang dibeli pelanggan sudah masuk kedalam plastik. Agar barang tidak tertinggal dan malah mengecewakan pelanggan.

Tanggung Jawab Kasir

1. Tanggung jawab dengan transaksi penjualan

Saat melakukan tugas pencatatan transaksi, seorang kasir bertanggung jawab penuh saat terjadi kesalahan. Apabila saat penutupan shift jumlah uangnya kurang, maka kasir bertanggung jawab untuk menggantinya.

2. Serah terima shift dan menyetorkan uang dari transaksi penjualan

Jika jam kerja kasir secara shift, maka kasir harus melakukan serah terima dengan shift berikutnya. Selain itu, kasir juga harus segera menyetorkan laporan beserta uang hasil penjualan pada atasannya.

3. Melapor kepada atasan

Ketika ada hal yang kurang dipahami oleh kasir, segera laporkan hal tersebut pada atasan. Agar atasan dapat meminimalisir kesalahan yang fatal dan resiko kerugian, serta melakukan tindakan pencegahan sedini mungkin.

Spesifikasi Pekerjaan yang Umum untuk Posisi Kasir

- Pendidikan minimal Diploma atau lulusan SMA.
- Pengalaman kerja tidak diutamakan, atau sesuai dengan kebijakan perusahaan.
- Kualifikasi khusus dalam menguasai menajemen kas
- Memiliki kemampuan berhitung yang baik.
- Menguasai MS Word dan MS Excel.
- Selebihanya disesuaikan dengan kebutuhan dan peraturan perusahaan.

Pertanyaan Umum Untuk Posisi Kasir Saat Wawancara Kerja

1. Coba ceritakan diri anda?

Untuk menjawab pertanyaan ini, anda bisa memerikan jawaban yang sifatnya umum saja. Karena pewawancara tidak menginginkan anda menceritakan semua jalan hidup anda. Cukup jelaskan nama anda, lulusan anda, posisi yang anda inginkan, dan yang membedakan anda dengan pencari kerja lainnya.

2. Apa kelemahan yang anda miliki?

Pertanyaan ini biasanya menyulitkan para fresh graduate. Namun, anda bisa menguatkan kelemahan ini untuk meningkatkan peluang masuk anda ke perusahaan tersebut. Misalnya, “kelemahan saya, yaitu sering lupa waktu saat sedang bekerja”.

3. Kenapa anda berhenti dari pekerjaan sebelumnya?

Intinya anda harus jujur dan lugas saat menjawab pertanyaan ini. Jangan terlalu banyak berbicara. Ungkapkan alasan yang logis dan jangan mengada-ada. Misalnya, “karena orang tua saya sedang sakit, sehingga saya harus meninggalkan pekerjaan saya sebelumnya yang berada di luar kota”.

4. Apa anda memiliki pengalaman kerja di bidang ini?

Jawablah pertanyaan ini dengan jujur. Jelaskan pengalaman anda sebelumnya jika anda memang memilikinya. Jika tidak ada, anda pun harus menjawabnya dengan jujur. Perlua anda tahu, bahwa pengalaman kerja dapat meningkatkan peluang anda untuk diterima.

5. Apa yang pernah anda lakukan saat menjadi kasir?

Jelaskan secara detail mengenai hal positif yang pernah anda lakukan saat menjadi kasir. Jawaban yang detail bisa meningkatkan pertimbangan pewawancara untuk memilih anda. Selain itu, pewawancara juga lebih mudah untuk menyimpulkan apakah anda seorang karyawan yang bisa diandalkan atau tidak.

Lihat juga :  Tugas dan Tanggung Jawab Administrasi dalam Berbagai Bidang

Nah, itulah beberapa tugas dan tanggung jawab kasir yang harus anda ketahui sebelum terjun ke bidang ini. Semoga artikel ini bisa membantu anda untuk mendapatkan pekerjaan sebagai seorang kasir.

Author Profile

About bangrinal purba

“Kekuatan bukan berasal dari kemenangan. Perjuangan adalah yang melahirkan kekuatan. Ketika Anda menghadapi kesulitan dan tak menyerah, itulah kekuatan.”

0 Komentar Tugas dan Tanggung Jawab Kasir

Posting Komentar

Back To Top