Kupas360.com - Media Sahabat Indonesia

Situs Informasi Berita Terkini dan ilmu Pengetahuan

Minggu, 01 April 2018

Cara menjadi mahasiswa yang baik dan berprestasi

Dizaman sekarang ini sangat jarang kita menemukan mahasiswa yang senang mengerjakan tugas di rumah setiaphari. Dan semua mahasiswa pastinya membutuhkan dorongan atau motivasi dari orang - orang terdekatnya untuk saat sekarang ini dan juga untuk seterusnya. Akan tetapi jangan pernah terkejut apa bila sesuatu yang kita anggap sepele dengan menyia- nyiakan tugas kita selama ini malah itu yang akan membuat kita berterim akasih di masa depan yang akan datang nantinya.

Meskipun untuk saat ini kita belum melihat dampak positif dari mengerjakan pekerjaan rumah (PR), akan tetap kita juga harus melihat dari sudut pandang yang lain. Misalnya apabila kita mengerjakan perkerjaan rumah maka nilai kita akan lebih bagus. Sebenarnya banyak manfaat yang kita dapatkan bila kita rajin mengerjakan perkerjaan rumah, karena dengan tanpa sengaja pastinya kita sudah mengulang kembali pelajaran yang kita pelajari di sekolah mau pun di kampus, karena sepintar apa pun kita belajar bila kita tidak rajin untuk mengulangnya kembali di rumah seperti yang kita ketahui dalam pepatah mengatakan bahwa “Ala bisa karena Biasa” itulah maksud pepatah itu semakin rajin kita untuk mengulanginya maka kita akan semakin pintar,jadi jangan malas untuk mengerjakan perkerjaan rumah karena itu banyak manfaatnya bagi kita bukan hanya bagi guru atau pun dosen kita

mahasiswa yang baik dan berprestasi
Ilustrasi - mahasiswa yang baik dan berprestasi

Karena sejatinya tugas kita sebagai mahasiswa adalah untuk belajar dan menuntut ilmu, maka jangan malas – malas untuk belajar.Bukankah kita menginginkan menjadi mahasiswa yang baik dan berprestasi, karena hal itu akan bisa membuat orang tua kita menjadi bangga, mungkin kalian bingung untuk memulainya agar bias menjadi mahasiswa yang berprestasi di lingkungan pendidikan, disini saya akan berbagi sedikit cara agar kita bisa menjadi mahasiswa yang berprestasi di kampuskita.

1. Jangan takut bersaing

Cara menjadi mahasiswa berprestasi dengan menantang diri menghadapi setiap tantangan yang ada, merupakan cara paling ampuh untuk memaksakan diri dan menggali potensi yang kita miliki.namun di zaman sekarang ini banyak anak muda yang sangat mudah minder tidak percaya diri, dan merasa kalah sebelum bersaing. Bila kita ingin berprestasi kita harus mencari seorang competitor yang benar-benar bisa membuat kita merasa tertantang untuk mencobanya. Untuk bisa menjadi seseorang yang kompetitif bukan berarti bahwa kita juga harus bermusuhan dengan teman - teman sekelas kita. Kita hanya perlu bergabung dan bergaul dengan teman – teman yang banyak menginspirasi dan bisa kita jadikan sebagai pesaing kita.

2. Cari dukungan untuk mendapatkan motivasi yang lebih kuat,

Ada banyak jenis motivasi yang bisa kita dapatkan dari keluarga, teman atau bahkan dari seseorang yang kita cintai dan kita sayangi. Bila kita tidak ada dukungan dari keluaraga atau teman - teman, bukan berarti kita tidak bisa mendapatkannya dari yang lain lagi, dan bukan berarti mereka tidak perduli dengan diri kita. Kita bisa juga mendapatkan motivasi tambahan dengan mencari dukungan dari guru atau dosen kita. Kita juga bisa mencari dukungan dari forum – forum pendidikan untuk bisa menemukan motivasi yang memang benar – benar kita butuhkan.

3. Hadiah juga bisa sebagai motivasi,

Hadiah itu bisa sebagai motivasi untuk kita bisa menjadi mahasiswa yang baik dan berprestasi, karena sejak dahulu kita tahu bahwa hadiah itu adalah salah satu yang paling besar pengaruhnya terhadap motivasi yang kita miliki. Saat kita masih duduk di bangku sekolah dasar kita sering di iming – imingi dengan hadiah tertentu oleh orang tua kita maupun guru kita bila kita mampu berbicara banayak terutama apabila kita bisa meraih rangking di kelas.

Ingatlah bahwa pada saat menjadi siswa atau mahasiswa, sering kali kita tidak bisa mengimplementasikan pelajaran yang kita peroleh di bangku sekolah sehingga pelajaran dan usaha keras yang kita lakukan terasa sia - sia.Padahal setelah kita lulus nanti dari bangku perkuliahan pelajaran – pelajaran tersebut sangatlah kita butuhkan terutama untuk bisa bersaing dengan orang lain di dunia kerja. Jadi jadilah siswa atau pun mahasiswa yang baik dan berprestasi, maka jangan pernah sia – siakan waktu yang kita miliki saat ini. Pergunakan waktu itu sebaik – baiknya untuk bisa menjadi yang lebih baik karena sesungguhnya waktu itu tidak bisa di putar kembali.Semoga yang saya tulis ini bermanfaat bagi kita semua. Salam mahasiswa ,”hidup mahasiswa”.

Author Profile

About bangrinal purba

“Kekuatan bukan berasal dari kemenangan. Perjuangan adalah yang melahirkan kekuatan. Ketika Anda menghadapi kesulitan dan tak menyerah, itulah kekuatan.”

0 Komentar Cara menjadi mahasiswa yang baik dan berprestasi

Posting Komentar

Back To Top