Kupas360.com - Media Sahabat Indonesia

Situs Informasi Berita Terkini dan ilmu Pengetahuan

Rabu, 28 Maret 2018

Tips dan Cara Efektif Mengusir Ular dari Rumah Anda

Ular adalah salah satu hewan reptil yang umumnya ditakuti oleh manusia. Beberapa ular memang sangat berbahaya dan dapat mengancam keselamatan nyawa kita. Dan kabar buruknya, ular juga sering masuk ke dalam rumah. Terlebih lagi jika rumah anda dekat dengan hutan ataupun sungai. Nah, untuk itu, sangat penting mengetahui bagaimana cara mengusir ular dari rumah dan cara mencegahnya supaya tidak datang kembali.

ular masuk rumah
Ilustrasi ular masuk rumah

Penasaran ingin tahu caranya? Yuk, intip pembahasannya di bawah ini. Check this out. Cara Ampuh Mengusir Ular dari Rumah :

⇉Menggunakan Wewangian

Jika ada orang yang mengatakan bahwa cara terbaik untuk mengusir ular adalah dengan menaburkan garam, itu merupakan opini yang salah.

Kenapa sampai ada mitos tersebut? Karena pada zaman dulu, ular dipercaya termasuk hewan yang memiliki kulit berlendir. Padahal faktanya ular adalah hewan yang mempunyai kulit bersisik.
Jadi kesimpulannya ular itu tidak takut dengan yang namanya garam, melainkan dia sangat takut dengan wewangian.

Apabila ular masuk ke dalam rumah, maka semprotkanlah parfum pada seluruh ruangan, maka kami jamin ular tersebut akan langsung kabur dan pergi dari rumah anda.

⇒Menggunakan Karbol

Tips yang kedua adalah dengan menggunakan karbol. Yup, karbol ternyata tidak hanya berguna untuk membersihkan keramik atau keloset saja, loh, tapi jika anda menyiramkan karbol pada badan ular, maka akan membuat ular tersebut langsung pergi dengan jauh.

Oh, ya, anda juga harus tetapi hati-hati, karena adakalanya ular yang telah disiram karbol menjadi super agresif karena kaget,

Efek dari karbol memang akan membuat ular merasakan panas pada kulitnya sehingga menyebabkan sensor gerak si ular menjadi rusak

⇉Tanaman Pengusir Ular

Percaya atau tidak, ternyata ada tanaman yang diyakini oleh sebagian masyarakat dapat mengusir ular.

Tanaman tersebut adalah pohon Drini, Masyarakat yang khususnya tinggal di Pantai Pulau Drini, Desa Banjareja, Dusun Wonosobo mempercayai bahwa kayu yang dimiliki pohon Drini mampu membuat ular menyingkir dari rumah mereka.

Walaupun pohon ini memang sudah cukup langka, tapi sekarang banyak, loh, yang membuat bonsai Drini.

Anda bisa membeli bonsai Drini tersebut untuk berjaga-berjaga sekaligus mencegah jika ada ular yang tersesat dan nyasar mampir ke rumah anda.

⇉ Menggunakan Benda Bergagang Panjang

Tips berikutnya adalah dengan menggunakan benda yang mempunyai gagang panjang. Misalnya seperti sapu ijuk atau tongkat.

Caranya mudah, anda hanya perlu mengarahkan benda dengan gagang panjang ke arah ular tersebut.
Tapi, ingat, anda harus tetap menjaga jarak dengan ular yang mau anda usir, Hati-hati karena biasanya ular tersebut pun akan melakukan perlawanan.

Jika anda tidak ingin digigit, pukul kepalanya dengan gerakan agresif yang sangat cepat dan giringlah secara paksa ular itu untuk keluar dari dalam rumah.

⇨ Menggunakan Tali Ijuk

Dan yang terakhir adalah memakai tali ijuk. Benda yang satu ini juga dipercaya mampu membuat ular kabur belingsatan. Kenapa ular takut dengan tali ijuk? Karena tali ijuk memiliki permukaan yang kasar.

Bagaimana cara menggunakannya?
Anda tinggal mencambuk badan ular dengan tali ijuk, namun, sekali lagi dalam melakukan tips yang satu ini, anda juga harus tetap waspada dan menjaga jarak dengan posisi ular, agar anda tidak dipatuk.

4 Cara mencegah Ular Masuk Lagi ke Dalam Rumah

Jagalah Kebersihan Rumah

Tahukah anda, salah satu penyebab kenapa ada ular yang masuk ke rumah adalah karena rumah tersebut dalam keadaan kotor.

Seperti yang kita tahu ular memang sangat menyukai tempat tinggal yang gelap juga lembab. Oleh karena itu, yuk, mulai dari sekarang jagalah selalu kebersihan rumah anda dan kurangilah barang-barang yang pada dasarnya sudah tidak lagi anda pakai.

Karena jika terlalu banyak rongsokan kotor, apalagi didiamkan dalam jangka waktu yang lama, dijamin rongsokan tersebut akan menjadi persembunyiaan yang begitu nyaman bagi si ular.

Rapikan Taman Anda

Memiliki taman sendiri di depan rumah memang akan menghadirkan suasana yang tampak asri, asalkan anda dapat merawatnya dengan baik.

Saran dari kami, jangan sampai anda membiarkan rumput yang ada di taman tumbuh dengan terlalu tinggi. Segeralah potong rumput tersebut supaya tidak berubah menjadi semak-semak Sebab bisa saja dijadikan sebagai tempat tinggal ular.

Tutup Semua Celah di Dalam Rumah

Ular sangat menyukai tempat-tempat yang tergolong sempit. So, jangan pernah biarkan ada celah sedikipun pada rumah anda.

Saran dari kami, berikanlah penutup yang cukup rapat pada saluran pembuangan air yang ada di dalam kamar mandi.

Di samping itu, semua lubang yang ada di loteng rumah anda juga harus dilakukan penambalan secara lebih tebal, karena pada dasarnya, nih, ular sering sekali bersarang pada plafon di bawah atap rumah.

Pasang Pagar

Pasanglah jenis pagar dari beton. Kenapa? Karena pagar beton termasuk jenis pagar yang sangat kuat dan sulit untuk ditembus oleh ular.

Kendati demikian, walaupun anda sudah memasang pagar, jangan sampai anda membiarkan pagar tersbeut terbuka dalam jangka waktu yang terlalu lama, hal ini supaya tidak ada ular yang lolos masuk ke dalam rumah.

Lihat juga:  Kenapa ayam berkokok tengah malam.?? ini jawabanya

Nah, demikianlah pembahasan yang bisa kami sampaikan terkait cara mengusir ular dari rumah serta cara mencegahnya supaya tidak datang kembali. Semoga bermanfaat.
Author Profile

About bangrinal purba

“Kekuatan bukan berasal dari kemenangan. Perjuangan adalah yang melahirkan kekuatan. Ketika Anda menghadapi kesulitan dan tak menyerah, itulah kekuatan.”

0 Komentar Tips dan Cara Efektif Mengusir Ular dari Rumah Anda

Posting Komentar

Back To Top