Kupas360.com - Media Sahabat Indonesia

Situs Informasi Berita Terkini dan ilmu Pengetahuan

Selasa, 27 Maret 2018

Pengertian Tugas dan Tanggung Jawab Supervisor

Bisa dibilang, salah satu jabatan yang paling vital di perusahaan adalah supervisor? Kenapa demikian, apa alasannya? Nah, untuk anda yang ingin tahu penjelasan detailnya, silahkan simak ulasan yang telah kami rangkum, mengenai tugas dan tanggung jawab supervisor, berikut ini:

Supervisor
8 Tugas Supervisor

Tugas utama seorang supervisor pada dasarnya adalah melakukan monitoring, mengawasi, dan mengarahkan anak buahnya supaya dapat bekerja sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh jabatan di atasnya. Nah, berikut adalah 8 tugas supervisor yang sebaiknya anda pahami/ketahui :
  1. Seorang supervisor harus bisa mengatur pekerjaan para staff di bawahnya.
  2. Seorang supervisor harus membuatkan masing-masing job description untuk seluruh staff di bawahnya.
  3. Seorang supervisor harus bisa memotivasi para staff supaya mampu menjalankan tugas dengan sebaik mungkin dan bekerja pada tingkat yang optimal.
  4. Seorang supervisor harus membuat schedule kegatan untuk staff di bawahnya.
  5. Seorang supervisor harus melaksanakan briefing dengan staff di bawahnya mengenai pekerjaan, kebijakan, dan hal terkait lainnya yang harus dipatuhi dan dilakukan.
  6. Seorang supervisor harus bisa memberikan keputusan mengenai pekerjaan apa saja yang akan dilakukan, baik dalam jangka waktu pendek maupun dalam jangka waktu panjang
  7. Supaya dapat menciptakan kedisiplinan kerja, seorang supervisor harus bisa menegakkan peraturan yang telah ditetapkan oleh perusahaan
  8. Seorang supervisor harus mengontrol serta memberikan penilaian terhadap kinerja yang telah dlakukan oleh bawahannya.
Tanggung Jawab Supervisor
  • Planning
Supervisor mempunyai tanggung jawab untuk merencanakan dua kegiatan sekaligus. Yaitu kegiatan yang menjadi tugasnya dan menjadi tugas para staff yang dia pimpin
  • Organizing
Supervisor bertanggung jawab untuk mengkondisikan bahwa implementasi dari kegiatan dan tugas yang sedang dilaksanakan dapat berjalan dengan baik.
  • Staffing
Supervisor harus bisa memastikan bahwa seluruh anggota staff yang terlibat pada tugas dan pekerjaan. mampu bekerja dan tidak menyimpang dari job description yang telah diberikan
  • Directing
Supervisor bertanggung jawab untuk memberikan arahan supaya tugas maupun pekerjaan dapat dilakukan dengan lancar.
  • Controlling
Supervisor bertanggung jawab melakukan kontrol kegiatan yang terdapat dalam lingkungan kerjanya.

Lihat juga :  Tugas dan Tanggung Jawab Quality Control

5 Tips Rahasia Supaya Cepat Jadi Supervisor

Tertarik untuk menjadi supervisor? Ingin tahu rahasia cepat untuk menjadi seorang supervisor? Berikut kami berikan beberapa tipsnya.

Jangan Hanya Seperti Karyawan Biasa
Nah, tips yang pertama ini paling sering dilakukan oleh mereka yang termasuk ke dalam deretan karyawan berprestasi yang telah berhasil menjadi supervisor. Yakni, lakukanlah hal yang tidak pernah atau jarang dilakukan oleh karyawan lain diperusahaan tempat anda bekerja.

Misal, perusahaan anda ternyata mengalami masalah dalam bidang produksi. Nah, anda harus muncul sebagai jawaban dari permasalahan tersebut. Temukan solusi dan berikan jalan keluarnya.

Walaupun biasanya mengemban lebih banyak tugas akan sangat melelahkan, tapi percayalah bahwa proses tidak akan pernah mengkhianati hasil. Cepat atau lambat manajemen akan menghargai usaha yang telah anda lakukan.

Absensi
Yup, absensi sudah menjadi standar kinerja dalam sebuah perusahaan, dan biasanya, nih, dipakai sebagai indikator dalam penilaian kinerja karyawan.

Kalau anda malas dan jarang masuk kerja, apalagi lelet dalam menyelesaikan pekerjaan yang ditugaskan, jangan harap anda bisa mendapatkan promosi jabatan untuk jadi supervisor. So, kuncinya adalah rajin, tekun, dan aktif, sifat-sifat positif ini harus melekat kuat dalam diri anda.

Tingkatkan Kinerja
Apa yang kita dapatkan sekarang ini atau di masa depan merupakan ganjaran yang sebanding dengan apa yang telah kita lakukan di masa lalu.

Anda pasti sudah sering mendengar kata-kata bijak seperti itu, bukan? Maksud kami dari tips ketiga ini adalah, anda harus meningkatkan kinerja supaya apapun yang anda lakukan, suatu saat nanti bisa memetik hasil yang lebih maksimal

Buang jauh-jauh sifat malas anda, dan hindari melakukan hal-hal yang tidak jujur dalam melaksanakan baik itu tugas maupun tanggung jawab.

Banyak, loh, perusahaan yang baru memberikan reward setelah melihat pekerjaan yang diselesaikan bawahannya ternyata memuaskan.

Mengambil Tanggung Jawab Lebih
Apabila kinerja anda telah meningkat, maka buatlah diri anda lebih menonjol lagi dibandingkan yang lain. Ingat, maksud menonjol di sini dalam artian positif dan bukan negatif. Hindarilah mencari penghormatan dengan cara menjatuhkan orang lain dan hal sejenis lainnya yang bisa menyakiti bahkan merugikan sesama karyawan.

Jangan ragu untuk mengambil tanggung jawab lebih, dari apa yang dibebankan perusahaan kepada anda. Tapi, dalam hal ini anda tidak boleh mengambil keputusan karena modal nekat saja, melainkan harus realistis, bahwa tanggung jawab lebih yang akan anda emban mampu anda selesaikan dengan baik. Be smart!

Contohnya begini, apabila anda menerima tugas yang berpeluang bisa anda kembangkan, maka kembangkanlah.

Atau apabila rekan kerja anda ternyata tidak sempat atau bahkan tidak mampu menyelesaikan pekerjaanya, maka bantulah dia Dengan cara tersebut maka otomatis semua orang, termasuk bos anda akan melihat bahwa anda memang pantas dan berpotensi untuk diberikan reward sebagai karyawan berprestasi.

Attitude
Pernah tidak anda melihat ada seorang karyawan yang sudah bertahun-tahun bekerja di perusahaan tapi jabatannya tetap di situ-situ saja? Apa yang salah dengannya? Coba anda cek karyawan tersebut.

Apakah dia punya attitude yang baik?

Jika jawabannya adalah tidak, maka itulah sumber permasalahannya.

Attitude akan berada diposisi nomor satu dibandingkan kerja keras. Sehingga jika kerja keras tidak dibarengi dengan attitude yang baik, maka hasilnya akan nol. Anda tidak akan disukai oleh atasan anda, juga rekan-rekan sesama karyawan. Dan sifat seperti itulah yang akan membawa kehancuran bagi diri anda sendiri. Dan silahkan say goodbye untuk menjadi supervisor.

Nah, demikianlah informasi mengenai tugas dan tanggung jawab supervisor serta hal terkait lainnya yang bisa menambah wawasan mengenai supervisor.
Author Profile

About bangrinal purba

“Kekuatan bukan berasal dari kemenangan. Perjuangan adalah yang melahirkan kekuatan. Ketika Anda menghadapi kesulitan dan tak menyerah, itulah kekuatan.”

0 Komentar Pengertian Tugas dan Tanggung Jawab Supervisor

Posting Komentar

Back To Top