Kupas360.com - Media Sahabat Indonesia

Situs Informasi Berita Terkini dan ilmu Pengetahuan

Selasa, 06 Maret 2018

Efek Samping Membersihkan Wajah Dengan Pasta Gigi

Akhir-akhir ini banyak sekali yang memanfaatkan pasta gigi untuk masalah kecantikan wajah. Hal ini disebabkan oleh pasta gigi memiliki kandungan triklosan dan AHA. Seperti yang telah diketahui bahwa keduanya merupakan bahan yang biasanya ada pada produk perawatan kulit wajah. AHA sendiri memiliki kemampuan mencerahkan kulit wajah secara alami sedangkan trikolsan merupakan bahan yang berguna bagi perawatan kulit berjerawat. 

Membersihkan Wajah Dengan Pasta Gigi
ilustrasi - Membersihkan Wajah Dengan Pasta Gigi

Selain itu, ada juga beberapa bahan yang terkandung dalam pasta gigi yang ampuh untuk mengatasi problem/masalah kulit. Tidak heran apabila banyak yang menganulir fungsi dari pasta gigi yang juga digunakan untuk membersihkan kulit wajah dari jerawat, komedo dan masalah kulit lainnya.

Namun faktanya, efek samping membersihkan wajah dengan pasta gigi ternyata sangat tidak baik. Khususnya terhadap kesehatan kulit.

Beragam efek samping membersihkan wajah dengan pasta gigi :

Iritasi kulit hingga peradangan
Meskipun ada beberapa kandungan pada pasta gigi yang dapat membantu masalah kulit. Namun ternyata sebagian kandungan pasta gigi juga dapat memperburuk keadaan. Seperti yang diketahui bahwa setiap orang memiliki jenis kulit dengan tingkan sensitivitas yang berbeda-beda untuk itu, maka dari itu berhati-hatilah dalam menggunakan pasta gigi. Dosis yang salah dapat menyebabkan iritasi kulit, bahkan bagi kulit sensitive bisa sampai mengalami peradangan.

Komedo menjadi jerawat
Komedo adalah cikal bakal jerawat. Keduanya adalah hasil dari over produksi sebum pada wajah. Ketika komedo tidak diatasi dengan benar, ini justru memicu pertumbuhan komedo menjadi jerawat lebih cepat. Dalam beberapa kasus, efek samping membersihkan wajah dengan pasta gigi salah satunya adalah pertumbuhan komedo menjadi jerawat.

Alergi
Penggunaan bahan kimia pada pasta gigi yang hendak anda gunakan bukanlah sesuatu yang biasa saja. Anda harus mengenal betul bahan yang digunakan itu, karena setiap kulit tidak dapat menerima semua jenis bahan kimia. Kembali lagi ke tingkat sensitivitas kulit anda. Ketika kulit anda yang cukup sensitive bertemu dengan bahan kimia yang terbilang keras, ini bisa berakibat pada timbulnya alergi. Sehingga wajah anda menjadi kemerah-merahan.

Kondisi kulit menjadi buruk
Penggunaan pasta gigi sudah cukup membuat kulit menjadi kering. Ketika penggunaan pasta gigi pada dosis yang berlebihan, ini tentunya akan membuat kondisi kulit menjadi buruk. Salah satu contohnya adalah kulit pecah-pecah. Hal ini tidak hanya dialami oleh kulit sensitive, tapi juga dialami oleh kulit normal. Untuk itu berhati-hatilah dalam menentukan dosis yang akan digunakan.

Jumlah komedo menjadi lebih banyak
efek samping membersihkan wajahdengan pasta gigi lainnya adalah jumlah komedo menjadi lebih banyak. Meskipun ada kandungan pada pasta gigi yang dapat menghilangkan komedo, namun ternyata pasta gigi bisa bertindak sebaliknya. Hal ini disebabkan oleh penggunaan pasta gigi yang dapat menyumbat pori-pori wajah sehingga kadar minyak meningkat dan komedo menjadi lebih banyak.

Kulit kering
Kulit kering adalah salah satu efek samping membersihkan wajah dengan pasta gigi. Hal ini ternyata karena kandungan flouride yang ada didalam pasta gigi. Kandungan flouride ini bisa membuat kulit menjadi kering, keriput hingga menyebabkan rasa sakit. Selain flouride, ada juga senyawa triclosan dan sifat diuretik yang dapat membuat kulit menjadi kering dan pucat.

Jerawat menjadi parah, iritasi dan bengkak
Penggunaan pasta gigi ternyata bisa saja membuat kondisi jerawat menjadi makin parah, iritasi dan juga membengkak. efek samping membersihkan wajah dengan pasta gigi dalam hal jerawat yang pertama adalah menjadi semakin parah. Hal ini karena didalam pasta gigi terdapat kandungan alkohol, hidrogen dan mentol. Kedua adalah iritasi pada jerawat yang disebabkan oleh sifat diuretik pasta gigi. Diuretik adalah kemampuan menyerap air, namun ketikan kandungan air mulai mengering maka iritasi akan timbul. Selain kedua efek samping tersebut, ada juga kondisi dimana jerawat semakin membengkak.

Produksi minyak pada kulit meningkat
Pada saat menggunakan pasta gigi, kandungan air pada wajah menjadi menurun. Sehingga produksi minyak wajah menjadi meningkat untuk melembabkan wajah yang tadinya mengering. Produksi minyak yang berlebihan ini kadang tidak dapat dikontrol sehingga kulit wajah menjadi sangat berminyak.

Regenerasi sel kulit mati terhambat
Kulit wajah dapat melakukan regenerasi dengan sendirinya dari waktu ke waktu. Namun ternyata regenerasi kulit akan terhambat pada saat menggunakan pasta gigi pada wajah. Sehingga lapisan kulit mati anda akan menumpuk dan kulit wajah anda akan terlihat kusam.

Demikian mengenai efek samping membersihkan wajah dengan pasta gigi. Kesimpulannya adalah pasta gigi dibuat untuk membersihkan gigi, kandungan didalamnya adalah zat yang memang berfungsi baik bagi gigi. Untuk itu tidak disarankan untuk mengatasi permasalahan kulit wajah. Tentu bukanlah sesuatu yang aneh jika pasta gigi memiliki efek samping bagi wajah, karena memang fungsinya bukan untuk wajah. Sebaiknya gunakan perawatan wajah jika anda menginginkan kulit wajah yang bersih dan sehat.

Author Profile

About bangrinal purba

“Kekuatan bukan berasal dari kemenangan. Perjuangan adalah yang melahirkan kekuatan. Ketika Anda menghadapi kesulitan dan tak menyerah, itulah kekuatan.”

0 Komentar Efek Samping Membersihkan Wajah Dengan Pasta Gigi

Posting Komentar

Back To Top