Kupas360.com - Media Sahabat Indonesia

Situs Informasi Berita Terkini dan ilmu Pengetahuan

Minggu, 18 Maret 2018

Cara mengkritik yang baik gak bikin sakit hati

Mengkritik kesalahan seseorang itu memang lah sangat pelru dilakukan, bila seseorang itu melakukan sebuah keburukan, jika di biarkan terus menerus maka akan terjadi kerusakan di muka bumi ini maka dari itu sebaiknya harus lah dia di tegur. Kita sebagai manusai di dunia ini mempunyai sebuah tugas untuk dapat memajukan kebaikan dan mencegah keburukan, dan salah satu caranya adalah yah dengan cara mengkritik nya namun kritikannya harus lah dengan kritikan bahasa yang halus dan sopan. Akan tetapi terkadang kritikan yang kita sampaikan itu rasanya tidak enak, karena orang-orang yang tidak suka mendengar kata - kata yang membuat citranya terancam.

kritik yang baik
Ilustrasi - Mengkritik yang baik

Kita harus mengkritik secara sopan agar orang lain mampu menerimanya dengan baik, bila kita mengkritik dengan bahasa yang tidak baik itu tidak akan bisa untuk mengubahnya malah akan menjadi membuat orang tersebut akan menjadi benci sama kita. Bagaimana caranya agar kita bisa menyampaikan dengan cara yang baik ? kebenaran harus tetap di sampaikan dan keburukan harus lah di hapuskan akan tetapi kalau nanti orangnya di kritik pasti akan tersinggung, tapi bila seseorang melakukan kesalahan tetap lah harus kita kritik untuk tetap menjadi kan dirinya yang lebih baik lagi untuk kedepannya. Walau pun sebenarnya kita ada rasa takut untuk menyampaikannya namun itu tetap harus kita sampaikan. Disini saya akan berbagi sedikit cara agar kita mampu mengkritik orang lain namun orangnya gak sakit hati berikut ini :

1. Kritik lah di lain waktu, bila kita sedang berinteraksi dengan seseorang kemudian ada unek - unek dan ingin mengkritiknya maka jangan katakana pada saat itu juga, cobalah untuk mengatakannya di lain waktu lagi. Kritiklah dilain waktu ntah itu di waktu malam hari, atau mungkin di keesokan harinya, kalau memang bisa kritiklah orang itu di dalam situasi pribadi, seperti di tempat yang tertutup janga sampaikan di tempat keramaian karena itu akan membuat dirinya malu.

2. Coba kritiklah tindakannya bukan orangnya, dengan kita mengkritik tindakannya, dan bukan langsung orangnya, karena kita akan di cap sebagai orang yang perhatian. Hal ini juga merupakan salah satu sikap yang bagus untuk menunjukka rasa kepedulian kita. Ubah lah pemahamannya yang salah, karena pemahamannya itu yang akan mendorongnya melakukan perbuatan yang salah. Karena kalau kita mengkritik orangnya kemungkinan dya akan cepat mudah sakit hati.

3. Selalu semangatin dia, tetap lah untuk memberinya semangat dan buat lah dia tetap mempunyai harapan, cobalah katakana kepadanya bahwa dia tidak lah sendirian, katakana pula bahwa banyak orang lain yang sama seperti dia. Dan coba lah katakan kepadanya bahwa kesalahan yang di buatnya itu adalah hal yang biasa. Sehingga dari itu kritikan yang kita sampaikan tidak menjadi batu penghancur yang besar bag dirinya.

4. Coba bersatu dengan dirinya, kalau memang bisa coba lah untuk membantu dia agar mampu untuk memikul tanggung jawabnya tersebut. Berhati - hati lah dengan sikap yang salah yaitu berpisah dengannya. Maksud dari kata berpisah itu adalah kita mengatakan bahwa kita akan membencinya kalau dia itu tidak menyelesaikan masalah tersebut.

Lihat juga: Cara Memaafkan Kesalahan Pasangan Kita

Kritik dalam Bahasa Inggris Criticism
Kritik dalam Bahasa Inggris Criticism

Jadi cobalah utnuk menunjukkan peran kita sebagai sahabat dan saudaranya yang selalu siap membantunya kapan pun. Tawarkan kepadanya sebuah solusi kalau memang kita tidak ada solus jangan terlalu di paksakan cari lah solusinya yang terbaik terlebih dahulu. Sepertinya cukup sekian dulu yah artikelnya, semoga dengan artikel ini kita semua bisa merubah diri kita menjadi yang lebih baik lagi dan mampu untuk menyampikan kritikan yang baik dan sopan kepada orang lain.
Author Profile

About bangrinal purba

“Kekuatan bukan berasal dari kemenangan. Perjuangan adalah yang melahirkan kekuatan. Ketika Anda menghadapi kesulitan dan tak menyerah, itulah kekuatan.”

0 Komentar Cara mengkritik yang baik gak bikin sakit hati

Posting Komentar

Back To Top