Kupas360.com - Media Sahabat Indonesia

Situs Informasi Berita Terkini dan ilmu Pengetahuan

Selasa, 20 Maret 2018

Cara mengatasi sering lupa dan kurang konsentrasi

Sering lupa dan kurang konsentrasi memang sangat lah mengganggu diri kita, keliatannya memang lah sepele namun sekiranya kita hendaklah mengevaluasi aktivitas harian kita, karena hal tersebut menjadi penghambat keberhasilan kita nantinya. Misalnya kita bisa selalu mengingat sesuatu, dan kita mampu untuk fokus maka insyaallah aktivitas harian kita pun akan lancar. Pertanyaannya mengapa bisa suka lupa dan sulit konsentrasi begitu? Bisa jadi itu semua karena factor internal tubuh ada bermasalah, atau bisa jdi juga soal teknis manajemen hidup kita saja.

kurang konsentrasi
Ilustrasi - kurang konsentrasi

Memang sih sebenarnya manusia itu pastinya sering lupa dan sering kurang focus dalam mengerjakan sesuatu, tapi bukan kah semua itu bisa kita cegah asal kan kita berniat untuk merubahnya. Jika kita lupa dengan hal yang tidak terlalu penting mungkin akibatnya tidak lah terlalu fatal, namun bila kita lupa dengan sesuatu yang sangat penting dan tidak bisa di gantikan gimana coba, hal ini memang terlihat sangat lah sepele namun sangat lah besar nampaknya bagi kita yang mempunyai sifat eperti ini.

Mungkin banyak orang tidak mengetahui bagaimana sih caranya agar kita tidak sering lupa dan selalu konsentrasi? Semua itu pasti ada jawabannya dan pastinya ada caranya agar kita bisa merubah cara hidup kita yang seperti biasanya. Di bawah ini saya akan berbagi sedikit cara agar kita bisa mengatasi hal yang sering lupa dan kurang konsentrasi.

1. Harus selalu mempunyai catatan, kita jngan selalu mengandalkan pada ingatan kita saja, namun kita juga harus lah ada catatan. Terserah ntah di buku, kertas,hp dan lain – lain. Bisa juga catatan tersebut kita tempelkan di dinding tempat kita berkerja, rasa – rasanya akan sulit sekali menghafal itu semua. Tentu lah hal - hal tersebut harus di tulis dan di organisir agar jadi rapi sehingga memudahkan kita untuk konsentrasi pula.

2. Mencoba main game tentang latihan mengingat dan konsentrasi, sebenarnya bisa juga daya ingat dan konsentrasi itu jadi kuat, kalau kita memang biasa melatihnya. Cara cepat melatih konsentrasi kita adalah dengan cara keseharian kita, selain itu sih bisa juga kita coba melatihnya melalui game, baik itugame fisik atau olahraga maupun game digital.

3. Jauhi suara - suara orang, kan kebanyakan orang tidak bisa konsentrasi dalam berkerja bila didekatnya ada orang yang mengobrol atau pun mengajak mengobrol. Makanya mereka lebih memilih suka berkerja di tempat yang sepi, ada juga yang suka berkerja pada malam hari atau dini hari, saat benar - benar sepi semua orang pada tidur.

4. Bisa menggunakan headset, cara ini sebenarnya masih berhubungan dengan cara yang sebelumnya, bila kita terganggu oleh suara - suara orang sehingga membuat susah untuk focus. Maka dari itu kita bisa menyalakan music sambil mengenakan headset saja. Tinggal di kitanya ajamau dengar music jenis apa yang bisa membuat kita konsentrasi dalam berkerja.

5. Hindari lah dehidrasi, ini adalah salah satu penyebab internal berikutnya yangkerap membuat kita jadi buyar sehingga tidak lagi konsentrasi dengan apa yang kita kerjakan. Jangan sampai kita dehidrasi, pastikanlah kita setiap hari minum air yang cukup, sebaiknya air putih mineral saja, dari pada minuman yang lain - lain.

Nah , itulah beberapa cara yang bisa di lakukan agar kita bisa mengatasi sifat pelupa dan tidak konsentrasi itu, semoga apa yang saya tulis ini bermanfaat buat kita semua dan tidak lagi sering lupa dan selalu konsentrasi.
Author Profile

About bangrinal purba

“Kekuatan bukan berasal dari kemenangan. Perjuangan adalah yang melahirkan kekuatan. Ketika Anda menghadapi kesulitan dan tak menyerah, itulah kekuatan.”

0 Komentar Cara mengatasi sering lupa dan kurang konsentrasi

Posting Komentar

Back To Top