Kupas360.com - Media Sahabat Indonesia

Situs Informasi Berita Terkini dan ilmu Pengetahuan

Selasa, 20 Maret 2018

Cara mengasihi musuh

Musuh dibawa positif aja lah, mereka bisa melatih kita untuk menghadapi ujian kehidupan sehingga di mampukan untuk mengendalikan diri dalam berbagai situasi, termasuk dalam situasi genting sekalipun. Oleh karena itu hindari lah untuk membenci lawan - lawan kita melainkan bertahan dan selalu tersenyumlah kepada mereka. Jika perlu berbagi kebaikan juga kepada mereka jangan ada niat untuk membencinya yah, tetapi terus lah sebarkan kebaikan.

Setiap kita menjalani hubungan dengan orang lain, kita harus memahaminya sebagai manusia biasa yang memiliki kelemahan untuk bisa di mengerti. Didalam diri seseorang ada sesuatu hal yang harus bisa kita mengerti yaitu kebiasaan, kesukaan dan kelemahannya, karena hal ini lah yang membuat kita berbeda.

Cara mengasihi musuh

Jika kita bisa hidup damai dalam sebuah perbedaan maka akan lebih indah sepertinya indahnya pelangi yang muncul setelah hujan turun. Mulailah kita untuk mengasihi musuh kita dari mulai hal - hal yang kecil - kecil,jangan dulu kita berfikir tentang memaafkan seseorang yang kesalahannya sangat besar. Akan tetapi cobalah untuk mengertikan kekhilafan yang sering kali kita rasakan dilakukan oleh orang lain sesegera mungkin, misalnya kesalahan yang dilakukan oleh orang tua kita, sifat lupa yang dimiliki saudara kita dan keteledoran yang dilakukan oleh teman kerja kita.

Bila hal - hal kecil saja dapatkita maafkan dengan secepatnya sambil senyum sebagai tanda bahwa kita ttidak membenci orang itu. Berharaplah semoga ketika sesuatu yang lebih besar menimpa kita maka cobalah pikiran lebih terbuka menerima semuanya itu tanpa meninggalkan rasa dendam dan amarah terlebih lagi kekerasan hindari lah semua itu. Akan tetapi kebanyakan orang tidak bisa untuk mengasihi musuhnya malah akan mencari cara untuk membalaskan perbuatannya kepada kita, dibawah ini saya akan berbagi sedikit cara agar kita bisa mengasihi musuh kita.

1. Selalu berfikiran positif hindari untuk membalas, di dunia ini tidak ada manusia yang sempurna. Manusia itu saling menguji dan lagi pula ujian itu bisa datang dari mana saja. Hidup damai selalu berdampingan dengan orang lain yang lebih indah adanya. Dari pada kita selalu berfikiran untuk bagaimana cara membalas perbuatannya, lebih baik kita memikirkan hal - hal positif yang ada hubungannya dengan kita suci atau kita bisa juga bernyanyi dan lain sebagainya. Biar lah pembalasan itu jadi hak tuhan jangan kita ambil itu untuk diri kita sendiri.

2. Jauhkan hati dari rasa benci dan dendam, bila di dalam hati kita sudah ada kedua hal ini maka kita akan digiring pada perbuatan yang tidak menyenangkan bahkan bisa merugikan orang lain juga. Untuk melatih dan menjaga kemampuan kita mengendalikan rasa ini maka itu kita harus ikhlas menjalani ujian kehidupan, tantangan hidup ini lah yang bila dijalani dengan sabar, penuh pengertian dan kebaikan kasih akan mengajari kita untuk mengendalikan diri kita seutuhnya.

3.Coba lah menahan diri untuk ttidak marah - marah, bila kita ingin menyampaikan sesuatu kepada mereka prhatikan lah mment yang tepat untuk menyampaikan isi hati. Pengendalian diri adalah kunci untuk menghindari situasi yang lebih buruk lagi. Sadari lah bahwa amarah tidak akan bisa mengubah masa lalu, melainkan berbicaralah dengan bahasa yang dingin dan suara yang tenang demi perubahan di masa depan kita nantinya.

4. Maafkan lah mereka dalam hati, memafkan perbuatan seseorang adalah awal dari kebaikan hati. Hal ini dapat kita lakukan sebagai sebuah kebiasaan yang sifatnya otomatis, begitu seseorang melakukan kesalahan langsung di maafkan didalam hati. Misalnya ada orang yang menyakiti kita coba lah berkata didalam hati maafkan lah mereka, maafkan lah kami dan maafkan lah semua orang. Dengan begitu maka kita akan bisamengasihi musuh kita.

5. Berbuat baiklah saat mereka meminta, hal ini adalah tanda bahwa kita tidak menyisahkan rasa benci apa lagi dendam dalam hati kita setelah semua yang tterjadi. Bila mereka meminta kepada kita sesuatu hal maka coba lah untuk melakukannya semampu kita tolong lah selagi kita msih sanggup untuk menolong.

Lihat juga:  Cara menghilangkan rasa benci dari dalam hati

Hidup itu adalah pilihan. Kebaikan yang kita lakukan tidak akan sia – sia, maka dari itu berkorban untuk orang lain maka pada suatu saat yang tidak kita duga – duga orang lain pun akan berkorban untuk kita. Lakukan lah kepada orang apa yang ingin orang lain lakukan kepada kita. Semoga artikel ini berguna bagi kita semua dan hindari lah pemusuhan karena perdamaian itu jauh lebih indah. Salam perdamaian.
Author Profile

About bangrinal purba

“Kekuatan bukan berasal dari kemenangan. Perjuangan adalah yang melahirkan kekuatan. Ketika Anda menghadapi kesulitan dan tak menyerah, itulah kekuatan.”

0 Komentar Cara mengasihi musuh

Posting Komentar

Back To Top