Kupas360.com - Media Sahabat Indonesia

Situs Informasi Berita Terkini dan ilmu Pengetahuan

Selasa, 20 Maret 2018

Cara memaafkan orang lain dengan tulus

Disaat orang lain menyakiti kita sering kali kita susah untuk memaafkannyadengan setulus hati. Padahal , maaf seharusnya membuat hubungan kita dengan orang lain lebih baik. Apa pun yang sudah terjadi tidak akan mungkin bisa terulang kembali, yang paling penting adalah kita harus bisa mengikhlaskannya. Apa lagi kalau orang yang berbuat salah sudah meminta maaf atas kesalahannya, itu harus kita maafkan karena bila kita tidak memaafkannya kita lah yang akan berdosa karena dengan tidak memaafkannya tanda nya kita sudah memutuskan tali silaturrahmi kepada sesama manuasia. Akan tetapi terkadang kita tidak memaafkan bukan karena kita merasa punya dendam denga orang yang berbuat salah pada kita, karena dendam itu adalah hal yang paling berbahaya bila kita tidak menghilangkannya itu akan bisa jadi penghancur bagi hidup kita.

Maaf sama dengan sorry

Sebelumnya kita masih menjalin hubungan yang baik dengannya namun karena kita mengingat kembali kejadian buruk dengan orang itu kita jadi kembali menyimpan dendam kepadanya, ingat lah jangan hanya keburukannya yang di ingat tapi ingatlah bahwa dia juga pernah berbuat baik kepada kita. Dengan begitu kita pasti akan segera berbaikkan dengan orang itu. Setiap orang pastinya kan pernah berbuat salah, jadi cobalah untuk memaafkannya dengan hati yang tulus dan tidak perlu berharap dia akan berubah, yang terpenting kita sudah memaafkan kejadian yang lalu – lalu, karena dengan beginilah kita tidak akan menyimpan rasa sakit hati lagi.

Namun kebanyakan orang sangat sulit untuk bisa memaafkan kesalahan orang lain dengan hati yang tulus, mungkn orang tidak mengerti bagaimana caranya agar bisa memaafkan kesalahan orang lain dengan setulus hati, di bawah ini saya akan berbagi sedikit cara agar kita bisa memaafkan kesalahan orang lain dengan setulus hati.

1. Selalu berfikir positif dan bersabar, kita tidak perlu untuk menduga - duga bahwa memaafkan orang lain itu akan membuat kita terlihat lemah dimata orang. Lupakan lah anggapan bahwa memaafkan orang lain akan menjatuhkan harga diri kita. Itu semua tidak lah benar adanya, berani memaafkan orang lain berrati kita menghargai diri kita sendiri coba lah selalu tersenyum dan berfikir positif dalam setiap situasi.

2. Posisikan lah diri kita sebagai dirinya, terkadang sangat sering kita menghakimi orang lain karena kita tidak pernah merasakan berada di posisinya saat ini. Coba lah bayangkan bila kita yang ada di posisinya saat ini, biasanya akan muncul pengertian mengapa orang itu sampai hati membuat kita kesal. Maka dari itu jangan lah hakimi dia, ingatlah bahwa manusia dasarnya tak pernah lari dari kesalahan kita pun pasti pernah melakukan kesalahan yang sama dengannya.

lihat juga: Cara mengkritik yang baik gak bikin sakit hati

3. Coba lupakan siapa yang salah dan siapa yang benar, rasa ego di dalam diri kita sering kali mengalahka hati, akan ada perdebatan yang mana yang benar dan mana yang salah disaat kita harus memaafkan kesalahan rang lain tersebut. Setiap orang seringkali merasa dirinya yang benar dan orang lain lah yang salah, maka coba lah untuk melupakan hal ini karena di dunia ini tidak ada manusia yang sempurna. Semua orang juga bsia salah, semua orang bisa bertindak yang keliru. Jadi coba bayangkan, kita pasri lega bila orang lain memaafkan kita dan dengan begitu lakukan lah hal yang sama kepada orang lain.

4. Ungkapkan lah isi hati kita, bila kita memaafkannya berharap dia tidak akan melakukan hal yang sama di lain waktu lagi. Katakan sajalah apa yang mengganjal hati kita selama ini mengenai kelakuannya, atau pun tutur katanya maka sampaikanlaj, tidak akan masalah hal ini akan membantu dia mengerti bahwa tindakannya tidak menyenangkan kita, lakukan lah hal ini dengan tutur kata yang lembut dan secara face to face.

5. Lakukan lah untuk diri sendiri, memaafkan orang lain tidak hanya melegakan orang lain yang telah berbuat salah pada kitam akan tetapilebih kepada diri kita sendiri. Kita akan merasa lega dan kita akan merasakan dampak yang baik untuk kesehatan kita. Kita yang pada akhirnya akan merasa tenang dan bahagia, karena dendam dan merasa kesal yang ada di dalam hati akan hilang.

Memaafkan bagaikan membebaskan seseorang dari penajra, dan kemudian kita akan mengetahui bahwa orang itu adalah diri kita sendiri. Jadi dari sekarang coba lah untuk selalu memaafkan kesalahan orang lain dengan setulus hati. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Author Profile

About bangrinal purba

“Kekuatan bukan berasal dari kemenangan. Perjuangan adalah yang melahirkan kekuatan. Ketika Anda menghadapi kesulitan dan tak menyerah, itulah kekuatan.”

0 Komentar Cara memaafkan orang lain dengan tulus

Posting Komentar

Back To Top