Kupas360.com - Media Sahabat Indonesia

Situs Informasi Berita Terkini dan ilmu Pengetahuan

Selasa, 27 Maret 2018

Cara Agar Dihargai dan Dihormati Orang Lain

Saling membantu dengan Tulus agar di hormati orang lain
Saling membantu dengan Tulus agar di hormati orang lain

Mendapatkan penghargaan dan penghormatan dari orang lain sudah merupakan hal wajar yang diinginkan oleh semua orang di dunia ini. Tapi adakalanya mereka salah bertindak, demi memperoleh dua hal tersebut.

Nah, supaya anda tidak melakukan kesalahan tersebut, pada kesempatan ini kami akan membahas cara agar dihargai dan dihormati orang lain, yang bisa anda lakukan dengan mudah. Silahkan disimak.

9 Cara Agar Anda Lebih Dihargai dan Dihormati Orang Lain

1. Berpenampilan Rapih dan Bersih
Pernah melihat pria dengan setelan jas hitam? Pastinya, tampak jauh lebih gagah dan berwibawa, bukan?

Yup, dari hal tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa penampilan seseorang mencerminkan kualitas yang dimilikinya. Dengan berpenampilan rapih dan bersih akan menunjukkan pada orang-orang bahwa anda memiliki kepribadian yang baik.

Jangan pernah berharap bahwa orang akan memperhatikan dan menghargai anda jika anda sendiri selalu keluar dengan penampilan yang kotor dan jelek. Ingat, hargailah diri anda sendiri maka orang lain pun akan menghargai anda.

2. Tutur Kata yang Sopan

kesopanan merupakan hal yang selalu diperhatikan setiap orang ketika berinteraksi dengan orang lain. Jangan sampai anda berkata jelek karena orang tersebut pasti akan langsung melakukan stempel penilaian, bahwa anda adalah orang yang buruk.

3. Tersenyum

Oke, kita langsung ke contoh kasus. Misalkan anda dihadapkan pada dua restoran ternama. Sebut saja restoran A dan restoran B. Restoran A mempunyai layout yang begitu megah, sedangkan restoran B biasa saja. Namun, keduanya mampu menghidangkan makanan yang super lezat dan memiliki cita rasa yang baik.

Kendati demikian, restoran A ternyata memiliki pelayanan yang buruk, waiters yang melayani anda sama sekali tidak pernah tersenyum, nada bicaranya pun tidak ramah, berbeda dengan restoran B yang memiliki waiters yang selalu tersenyum, sopan dan begitu sabar melayani anda.

Pikirkan sejenak, lakukan penilaian, kami jamin, walaupun restoran B lebih sederhana tapi anda pasti akan menganggap restoran B jauh lebih baik daripada restoran A. Benar?

Yup, dengan selalu tersenyum kepada orang yang kita temui, akan menunjukkan bahwa kita senang bertemu dengan orang tersebut.. Dan rasa senang itulah yang merupakan suatu bentuk emosi positif yang dapat kita sebarkan kepada orang banyak.

Semakin anda jarang tersenyum, semakin anda tidak disukai dan tidak dihargai orang lain.

4.  Percaya Diri

Anda harus yakin dan percaya pada kemampuan diri anda sendiri. Jangan selalu pesimis dan terus mengeluh, apabila anda ingin dihormati serta dihargai cobalah untuk selalu percaya diri.

5.  Ingatlah Nama Seseorang

Tahukah anda, berbagai penelitian di dunia ini yang berkaitan dengan psikologi, menyimpulkan bahwa ternyata seseorang menaruh minat kepada namanya sendiri daripada kepada nama orang lain.
Nah, maka dari itu agar kita disenangi dan juga dihormati oleh orang lain, anda perlu menyebut nama orang itu ketika bertemu dengannya dan panggilah dia dengan nada bersahabat.

Anda tidak percaya? Coba pikirkan hal ini. Seberapa sering anda merasa sangat dihormati jika dalam perjalanan atau tidak sengaja berpapasan dengan teman, dia menyebut nama anda dengan nada yang riang?

Sudah menemukan jawabannya? Anda pasti setuju, kan , dengan tips kelima ini? Yup, lakukanlah hal tersebut. Maka orang lain akan memperlakukan anda dengan cara yang sama.

Hati-hati jangan sampai anda salah menyebut nama seseorang karena dampaknya akan memunculkan rasa tidak enak hati pada orang yang mempunyai nama.

6.  Jadilah pendengar yang baik

Sadarkah anda bahwa sebagai manusia, kita diciptakan oleh Tuhan dengan satu mulut dan dua telinga. Telinga lebih banyak, bukan? Ini berarti kita diminta supaya lebih banyak mendengar daripada berbicara.

Semua orang ingin didengarkan. Begitulah kiranya kalimat yang pas untuk tips yang keenam ini.
Pendengar yang baik itu seperti apa? Berikut adalah contohnya.

Misal begini, lawan bicara anda menaruh minat yang tinggi terhadap dunia musik. Maka ajaklah dia berbicara mengenai segala hal yang berkaitan dengan musik. Tunjukkan pada lawan bicara anda, bahwa anda begitu berminat terhadap permasalahan musik serta tren yang sedang digandrungi saat ini, dengan memberikan berbagai tanggapan melalui nada bicara yang menyenangkan.

Doronglah teman anda itu untuk berbicara lebih jauh mengenai hal tesebut, sehingga muncullah semangat dalam dirinya. Semangat untuk bebicara dengan anda. Dan itulah yang pada akhirnya dia akan menyenangi dan menghormati anda, karena anda pun menghormatinya.

7. Selalu Menepati Janji

Salah satu penyebab kenapa orang tidak percaya adalah, jika anda seseorang yang selalu ingkar janji. Dan menganggap bahwa janji tidak perlu diucapkan dengan keseriusan.

Nah, orang-orang yang berada dalam deretan inilah yang tidak akan pernah dihargai oleh orang lain, karena berbohong tidak menepati janji adalah bukti bahwa anda pun tidak bisa menghargai mereka.
Oleh karena itu, jika memang ada satu dan lain hal anda tidak bisa menepati janji itu, maka segera beritahukan pada orang tersebut alasannya, supaya tidak menimbulkan persepsi negatif tentang diri anda.

8. Jangan Bersikap Paling Tahu.

Anda sering kesal bukan jika ada seseorang yang bersikap sok paling tahu dalam segala hal? Jika anda merasakan hal seperti itu, maka anda tidak boleh menjadi orang yang memiliki sikap yang sama.
Hargailah pendapat orang lain sekalipun itu bertentangan dengan pendapat anda.

9. Bukan Dengan Jabatan yang Tinggi, Tapi Dengan Menjadi Orang yang Baik.

Jika anda merasa bahwa dengan berbicara tahu ini tahu itu dan selalu menyalahkan orang lain, akan membuat anda lebih dihargai, itu merupakan hal yang salah. Jika anda merasa bahwa dengan menjelek- jelekkan intelektual orang lain akan membuat anda lebih dihargai, itu juga salah.
Kedua kasus di atas, adalah hal yang sering dilakukan oleh orang-orang yang mempunyai jabatan tinggi.

Semakin tinggi jabatan seseorang, umumnya gengsinya juga akan semakin menjadi-jadi.
Tidak heran jika mereka menjadi gila hormat. Tidak heran jika mereka jauh lebih mudah marah ketika mendengar saran dan kritikan orang lain, karena merasa itu melecehkan harga dirinya sendiri. Sungguh, penyakit hati kronis yang memilukan, bukan?

Lihat juga: Cara menghilangkan rasa benci dari dalam hati

So, hindarilah hal tersebut. Anda tidak perlu menunggu memperoleh jabatan tinggi terlebih dahulu baru bisa dihormati orang lain, anda cukup mempunyai orang yang baik maka orang lain pasti akan segan dan menghormati anda.

Tidak percaya? Buktikan sendiri.

Itulah informasi yang bisa kami bagikan mengenai cara agar dihargai dan dihormati orang lain. Semoga bermafaat dan selamat mempraktekkan tips dari kami.

Author Profile

About bangrinal purba

“Kekuatan bukan berasal dari kemenangan. Perjuangan adalah yang melahirkan kekuatan. Ketika Anda menghadapi kesulitan dan tak menyerah, itulah kekuatan.”

0 Komentar Cara Agar Dihargai dan Dihormati Orang Lain

Posting Komentar

Back To Top