Kupas360.com - Media Sahabat Indonesia

Situs Informasi Berita Terkini dan ilmu Pengetahuan

Sabtu, 17 Maret 2018

Besarnya manfaat memaafkan kesalahan orang lain

Dalam hidup ini, tentu tidak semuanya akan berjalan dengan mulus tanpa adanya hambatan dan masalah. Banyak sebenarnya faktor yang menjadi penyebab timbulnya hal tersebut dalam kehidupan kita. Bila kita berada dalam keadaan tekanan dan tingkat emosi yang tinggi dan dalam keadaan itu juga akan memberikan pengaruh buruk bagi kahidupan kita. Bila keadaan tersebut sudah terjadi didalam kehidupan kita satu - satu caranya yang terbaik yang bisa kita lakukan adalah dengan memaafkan kesalahan orang lain itu.

Mamaafkan adalah sebuah tindakan atau keputusan yang disengajauntuk menghilangkan perasaaan dendam atau tidak melakukan tindakan balas dendam kepada seseorang atau kelompok yang telah melukai kita, terlepas dari itu apakah mereka benar - benar layak untuk bisa di maafkan atau tidak. Pentingnya memaafkan karena itu akan mengemukakan bahwa kita memaafkan,kita tidak lagi mengabaikan atau menyangkal keseriusan pelanggaran yang dilakukan oleh orang lain. Pengampunan itu bukan berarti kita sudah melupakan, meskipun pengampunan dapat membantu kita untuk memperbaiki hubungan yang rusak, itu tidak akan mewajibkan kita harus sejalan dengan orang lain yang menyakiti kita.

orang meminta maaf
Ilustrasi - orang meminta maaf atau Memaafkan

Tindakan memaafkan itu akan membawa kita kepada kedamaian pikiran dan membebaskan kita dari kemarahan korosif. Dengan cara ini seseorang yang memaafkan dapat mengendalikan rasa sakit yang dia alami dan memungkinkannya menyembuhkan diri dan melanjutkan hidup dengan lebih ringan. Mandaat apa saja kah yang bisa kita dapatkan dari memaafkan kesalahan orang lain? Dalam artikel ini saya akan berbagi beberapa manfaatkan yang bisa kita dapatkan dalam memaafkan kesalahan orang lain.

1. Dapat meningkatkan kesehatan kita, ketika memikirkan untuk dendam kepada orang lain, tekanan darah dan denyut jantung akan meningkat pastinya. Hal ini akan menandakan bahwa sterss sedang melanda di dalam diri kita, ketika kita mengampuni tingkat stress kita rasakan tersebut akan menurun. Menyimpan dendam mungkin akan membahayakan sistem kekebalan tubuh kita membuat kita lebih tahan terhadap penyakita yang datang menyerang kita.

2. Dapat menyembuhkan luka batin, tindakan memaafkan mampu mengurangi rasa depresi, membuat orang lain bersyukur,lebih puas dengan keidupan, dan lebih mudah menjalin hubungan dengan orang lain, dan dengan cara ini pastinya akan mampu menyembuhkan luka batin yang kita rasakan selamini.

3. Membuat kita bisa merasa lebih bahagia, orang yang bahagia lebih cenderung untuk memaafkan. Dan sejalan dengan ini orang yang mampu memaafkan cenderung lebih bahagia pastinya, terutama ketika kita meaafkan seseorang yang dekat dengan kita. Dan sudah pasti cara ini akan membuat kita lebih bahagia dalam menjalani hidup kita di setiap harinya.

4. Dapat mempertahankan hubungan baik, ketika orang lain melukai kita atau mengecewakan kita, rasa dendam dapat membuat kita menahan kebaikan, menghindar, dan enggan berkerja sama dengan mereka. Sering kali hal ini akan memperparah keadaan dan merusak kepercayaan dan komitmen. Jadi memaafkan dapat menghentikan kekacauan dan memperbaiki hubungan kita dengan orang lain.

5. Memaafkan adalah tindakan yang sangat penting dalam pernikahan, pasangan yang lebih pemaaf dan tidak pendendam lebih baik dalam menyelesaikan konflik secara efektif dalam pernikahan kita. Pasangan yang lebih pemaaf memiliki hubungan yang lebih kuat dan memuaskan. Akan tetapi ketika pasangan yang lebih pemaaf mengalami kekerasan dari suami atau pun istrinya. Mereka pasti kurang bahagia dalam pernikahannya, tapi tindakan pemaaf ini biasanya menjadi penyelamat keutuhan pernikahan.

Itu lah beberapa manfaat yang kita bisa peroleh, bila kita mampu memaafkan kesalahan orang lain. Jadi mulailah terapkan hal tersebut dalam kehidupan kita dan coba lah meraih banyak manfaatnya. Semoga bermanfaat dan sukses selalu buat kita semua.

Author Profile

About bangrinal purba

“Kekuatan bukan berasal dari kemenangan. Perjuangan adalah yang melahirkan kekuatan. Ketika Anda menghadapi kesulitan dan tak menyerah, itulah kekuatan.”

0 Komentar Besarnya manfaat memaafkan kesalahan orang lain

Posting Komentar

Back To Top