Kupas360.com - Media Sahabat Indonesia

Situs Informasi Berita Terkini dan ilmu Pengetahuan

Kamis, 08 Maret 2018

Arti dari Jamet dan Jamkot Bahasa Gaul

Bahasa gaul merupakan bahasa yang hanya dipahami oleh orang-orang tertentu, tidak semua orang paham. Hal tersebut dikarenakan bahasa ini berupa bahasa nonformal dan bersifat sementara dengan berbagai variasi penggunaannya, misalnya berupa ungkapan, singkatan, konteks, dan lain sebagainya. Nah, beberapa bahasa gaul yang sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari seperti “jamet” dan “jamkot”. Apa maksudnya? Simak penjelasannya sebagai berikut!

Jamet dan Jamkot
ilustrasi - Jamet dan Jamkot Bahasa Gaul

Makna Kata “Jamet”

Mungkin Anda pernah mendengar istilah “jamet” dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam percakapan langsung atau melalui sosial media. Istilah “jamet” memiliki beberapa makna tergantung konteks penggunaannya, berikut ini beberapa makna kata “jamet”.

1. Jamet diartikan sebagai Jawa Metal
Kata jawa metal biasanya dipakai untuk menyebut anak jawa yang berpenampilan layaknya anak metal.

Contoh kalimat:
“Si Adol jamet banget ya”

2. Jamet diartikan sabagai Jakarta Metal
Jakarta metal diartikan juga sebagai “bopung” atau bocah kampung. Kata ini digunakan sebagai julukan orang kota yang bergaya kampungan atau norak.

Contoh kalimat:
“Lihat si Udin, jamet banget bikin males lihatnya”

Makna Kata “Jamkot”
Selain “jamet”, bahasa gaul istilah “jamkot” juga sering kita dengan khususnya dalam aktivitas chatting di BBM maupun WhatsApp. Apa makna kata “jamkot” sebenarnya? Kata “Jamkot” merupakan singkatan dari “jam kotak”. Jika kita melakukan chatting di BBM atau di WhatsApp seringkali pesan yang kita kirim muncul simbol “jam kotak” yang artinya pesan belum terkirim atau istilahnya pending/tertunda.

Contoh kalimat:
“Ah, sinyalnya jelek, jamkot terus dari tadi”.

Faktor Maraknya Bahasa Gaul dalam Kehidupan Sehari-Hari

Istilah “jamet” dan “jamkot” merupakan sebagian kecil dari bahasa gaul yang kita temui sehari-hari. Jika Anda melihat anak-anak remaja saat ini banyak sekali bahasa-bahasa gaul yang diguanakan mereka. Maraknya bahasa gaul dikalangan mereka tentu disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut ini beberapa faktor penyebab semakin banyaknya bahasa gaul dalam komunikasi sehari-hari:

1. Pengaruh Internet
Kehidupan modern ini tak lepas dari internet. Penggunaan internet khususnya dalam mengakses jejaring sosial menjadi pemicu utama berkembangnya bahasa gaul dalam kehidupan sehari-hari. Bahasa gaul yang banyak ditemukan di internet, kemudian digunakan dalam percakapan sehari-hari.

2. Pengaruh Lingkungan
Lingkungan pergaulan khususnya teman menjadi salah satu yang menyebabkan maraknya penggunaan bahasa gaul baik dalam percakapan sehari-hari hingga di dunia maya. Jika Anda berteman dengan orang-orang yang menggunakan bahasa gaul dalam percakapannya, cepat ataupun lambat, Anda juga akan terpengaruh dengan bahasa gaul tersebut.

3. Meringkas Percakapan
Bahasa gaul umumnya merupakan sebuah singkatan dari suatu kata. Sebagai contoh “jamkot” yang merupakan kepanjangan dari jam kotak. Orang yang terbiasa menggunakan bahasa gaul, tentu akan lebih menyukai istilah yang lebih simpel atau menggunakan singkatan “jamkot” saat pesannya belum terkirim daripada mengatakan “jam kotak”.

4. Menciptakan Rahasia
Suatu kelompok terkadang ingin menggunakan bahasa gaul untuk menciptakan kerahasiaan dalam percakapan. Tidak semua orang mengerti makna dari bahasa gaul yang digunakan oleh kelompok tertentu. Oleh sebab itu, tidak sedikit orang yang kemudian menciptakan bahasa gaul, yang hanya dipahami oleh orang-orang yang bersangkutan atau orang-orang tertentu saja.

Dampak Bahasa Gaul
Bahasa gaul yang banyak digunakan dalam komunikasi sehari-hari menimbulkan beberapa dampak, baik dampak positif maupun negatif. Berikut ini dampak positif dan negatif bahasa gaul!

a. Dampak Positif
Bahasa gaul memberikan dampak positi terkait dengan kreatifitas bahasa. Remaja yang menciptakan bahasa-bahasa gaul termasuk memiliki kreatifitas yang tinggi.

b. Dampak Negatif
Bahasa gaul juga menimbulkan dampak negatif, khususnya dalam penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Semakin banyak orang yang menggunakan bahasa gaul, bahasa Indonesia yang formal menjadi jarang digunakan. Akibatnya, terkadang orang lupa menggunakan bahasa Indonesia untuk urusan formal seperti pembuatan laporan, tugas sekolah, maupun berkomunikasi dengan atasan.

Contoh Bahasa Gaul dalam Kehidupan Sehari-Hari
Selain kata “jamet” dan “jamkot” ada beberapa bahasa gaul yang sering kita dengar atau kita temui dalam sosial media. Berikut ini beberapa contoh bahasa gaul!

1. Japri
“Japri” merupakan singkatan dari “jalur pribadi”. Kata “japri” biasanya digunakan pada percakapan dalam grup.

Contoh kalimat:
“Info lebih lanjut, japri aja ya”
 Kalimat di atas meminta anggota grup lain yang ingin mengetahui info lebih lanjut agar menghubungi kontak pribadinya atau lewat “jalur pribadi”.

2. Typo

Typo sebenarnya singkatan dari typographical yang artinya error atau salah ketik. Dalam pesan tertulis, Anda mungkin pernah mengalami salah pengetikan sehingga kadang membuat orang lain bingung. Nah, orang yang melakukan salah pengetikan ini biasanya akan menuliskan “maaf typo”, artinya pesan yang dikirimkan terdapat salah pengetikan.

3. LOL
Bahasa gaul terakhir yang banyak digunakan dalam komunikasi tertulis yaitu “LOL”. “LOL” merupakan singkatan dari “laugh out loud” artinya tertawa terbahak-bahak. Dalam bahasa tertulis untuk mengekspresikan rasa tertawa yaitu dengan mengetikkan kata “hahahahahahah”. Namun, seiring berkembangnya zama, kata “hahahaha” dianggap terlalu kurang efektif, sehingga orang lebih suka menggunakan kata “lol” yang menunjukkan ekspresi tertawa.

Itulah ulasan mengenai bahasa gaul “jamet” dan “jamkot” serta beberapa bahasa gaul lainnya. Gunakan bahasa gaul sebagaimana mestinya sesuai dengan tempat, keadaan, dan lawan bicara Anda.
Author Profile

About bangrinal purba

“Kekuatan bukan berasal dari kemenangan. Perjuangan adalah yang melahirkan kekuatan. Ketika Anda menghadapi kesulitan dan tak menyerah, itulah kekuatan.”

0 Komentar Arti dari Jamet dan Jamkot Bahasa Gaul

Posting Komentar

Back To Top