Kupas360.com - Media Sahabat Indonesia

Situs Informasi Berita Terkini dan ilmu Pengetahuan

Jumat, 10 November 2017

bahasa bataknya tidak, sayang, abang, maaf, apa kabar, iya, terima kasih

1. dalam bahasa batak untuk mengatakan tidak adalah daong

kata daong ini dikatakan ketika menolak sebuah ajakan atau lain sebagainya, misalkan kamu mau ikut gak ke pensi hari sabtu dek. Dalam bahasa bataknya “ olo doho dohot tu pensi hari sabtu dek ”. Lalu yang diajak menjawab tidak atau bahasa bataknya daong. Kata daong ini sangat sering digunakan , untuk menjawab pertanyaan atau sebuah ajakan yang ada dalam sebuah percakapan.

tidak dalam bahasa batak daong
tidak dalam bahasa batak daong
Contoh lain dari percakapan yang menggunakan kata tidak atau daong

I. A. Kemaren mama nyimpan selendang mamak disini uli kamu lihat tidak atau kamu menyimpannya ketempat lain.

B. tidak mak

Kalimat yang dilontarkan dalam percakapan ini merupakan sebuah pertanyaan yang memberikan jawaban tidak atau daong.

II. A. Uli aku ada tiket nonton film ini terbaru loh , hari minggu kita nonton bareng yah kamu ngak ada acara lain kan?

B . tidak lah tagor maaf yah soalnya aku uda janji sama mamak ngantar dia arisan

Nah percakapan diatas merupakan sebuah ajakan yang dilontarkan.

Kalimat daong atau tidak ini merupakan sebuah tolakan untuk melakukan sebuah ajakan.

2. dalam bahasa batak untuk mengatakan sayang atau hasian

kata sayang atau hasian ini merupakan kalimat yang sering dilontarkan atau diucapkan kepada orang yang dikasihi atau disayanginya. Namun biasanya pengguna kata sayang ini atau hasian ini adalah orang yang saling mencintai atau dalam bahasa bataknya namarsihaholongan. Bukan berarti kata sayang ini diungkapkan untuk pacar saja yah. Bisa aja orang tua misalkan orang tua sering bilang anak hasian atau haholongan sama dengan pengertian dengan anak kesayangan. Atau dengan teman kawan haholongan = kawan kesayangan , pahoppu hasian = cucu kesayangan. Jadi bukan berarti kata hasian ini di ungkapkan hanya kepada pacar saja ya.

Contoh lain dari percakapan yang menggunakan kata sayang atau hasian

I. A. hasian lagi marhua h

B. lagi modom modom hasian

Kalimat ini merupakan sebuah pertanyaan untuk menayakan aktifitas kekasihnya.

II. A. Uli nungga di transfer bapa hepeng sikkolahmu dohot uang manganmu dah boru. Burju burju ho siikkola dah boru hasian .

B . olo mamakku na burju.

Nah kalau percakapan ini merupakan percakapan orang tua atau ibu dengan anak yang disayanginya

III. A . tagor nungga hulean da tu si rona bukku akutansimu mauliate da kale mauliate da hasian

B . olo kale

Kalau percakapan ini tentu lebih menuju kepada teman yang disayangi

Jadi memang kata sayang atau hasian ini bukan berarti tertuju pada pacar saja.

3. dalam bahasa batak untuk mengatakan maaf adalah marpanganju, Marpamuati ma roha muna , santabi dll

ketika kita melakukan sebuah kesalahan atau sesuatu yang tidak seharusnya kita lakukan, untuk menghargai perasaan seseorang kita sering mengatakan maaf “ dalam budaya batak pada zaman dahulu nenek moyang orang batak sangat memegng erat adat atau hidup saling menghargai sehingga kata maaf , atau mapanganju, Marpamuati ma roha muna , santabi dll jarang digunakan jadi kata maaf itu digunakan , ketika meminta maaf harus dilakukan secara adat atau pembicaraan yang resmi jadi kata maaf di budaya batak zaman dahulu bukan hanya dalam sekedar tutur kata.

a. Mapanganju sama dengan Marpamuati ma roha muna

Kata ini sangat lazim digunakan dalam budaya batak apabila sudah melakukan atau terlanjur berbuat kesalahan, kata ini lebih dalam pengertiannya dibandingkan santabi

Contoh kalimat marpanganju:

- Marpanganju ma halak damang nang dainang diparumaenmunaon , alana si ajaran dope hami.

Contoh kalimat marpangubbati ma rohamuna

- Marpangubati ma rohamu angka di anggi ibotoku dihami akkang munaon .

Kalimat ini diungkapkan ketika sudah melakukan sebuah kesalahan

b. Santabi

Kata ini biasanya diucapkan sebelum melakukan sebuah kesalahan atau melakukan yang kurang pantas atau tidak seharusnya diucapkan . namun bisa juga digunakan ketika sudah terlanjur melakukan kesalahan

Contoh kalimat santabi :

- Parjolo sahali marsantabi majo hami beremunaon tuhalak tulang napungu sude dison, ala adong rencana ni nami tu sahala ni omak nami ......

Kalimat ini memang mengungkapkan maaf tapi karena untuk melakukan sebuah izin terlebih dahulu meminta maaf karena takut akan melakukan kesalahan.

4. dalam bahasa batak untuk mengatakan apa kabar adalah boha kabar, boha barita

kalimat untuk menanyakan sebuah kabar, baik kabar orang tua, teman saudara pacar dan lain sebagainya pasti kita akan bertanya apa kabr.

Contoh percakapan yang menggunakan kata boha kabar

- A . eee carles nga didia ho saonari boha kabarmu boh ale ale

B . sehat do bah billem , boha molo kabarmu sehat do

Kalimat ini berati menanyakan kabar kawannya.

- A. Nga leleng dukkon tammat hita sikkola uli boha do ateh akka baritani dongan dongan ta si naujui

B . imada billem nga massai leleng tutu jadi ,molo baritam boha do dibaribai

Kalimat ini sama dengan arti pertanyaan dari boha kabar namun kalimat saja yang bberbeda namun makna nya sama yaitu menanyakan kabar kawannya.

5. dalam bahasa batak untuk mengatakan iya adalah olo

untuk menjawab sebuah ajakan atau bahkan pertanyaan kita biasanya menggunakan kata iya atau olo.

Misalkan ada yang bertanya namamu billem kan orang medan maka yang ditanyakan akan menjawab iya jika benar dan tidak jika salah

Contoh penggunaan kata iya atau olo

A . nanti malam datang aku kerumahmu ya uli kita akan mengerjakan tugas kelompok

B . ia billem (olo billem)

Kalimat ini tentu saja ajakan dari si billem untuk si uli dan menyetujuinya hingga terlontar kalimat atau kata ia

M . annong sore langsung tuladang ho da billem molo dung sae ho mangan unang be marmeam

B . olo inong

Kalimat ini tentu saja ajakan dari si sang ibu untuk si billem dan ia menyetujuinya hingga terlontar kalimat atau kata ia ( olo )

6. dalam bahasa batak untuk mengatakan terima kasih adalah mauliate

dalam bahasa batak mauliate berarti uli ate ate yang jika diartikan dalam makna sebenarnya adalah menerima kebesaran dalam hati kita .

namun kata yang sudah lazim digunakan orang batak adalah kata mauliate.

Kalimat mauliate tentu saja kita ucapkan kepada siapapun yang menurut kita pantas untuk mendapakannya. Kepada yang Maha Kuasa , Orang tua , Saudara dan siapa pun juga.

A . parjolo sahali didok hami ma mauliate tu Tuhan pardenggan basa i siala asi dohot tondina namanggongomi sude akka keluargana

Kalimat ini tentu mengucap terima kasih kepada Tuhan karena kasih karunianya.

B . mauliate da kale ala nga di bantu ho au namakkarejoi tugashui molo dang adong ho dang huboto beon

Kalimat ini mengucapkan terima kasih kepada kawan nya karena telah membantunya.

7. dalam bahasa batak untuk mengatakan abang adalah akkang

akkang sebutan untuk panggilan abang dalam bahasa batak toba, jika ada sebutan yang menggunakan kata “ akkang doli “ abang ipar kita yang kawin dengan kakak kita, atau sebutan untuk abang yang sudah menikah

contoh kalimat nya

a . tudia lao akkang mi uli

kemana pigi abangmu itu uli kalimat ini kemungkinan diunggkapkan kepada abang ipar

b . nakaning lao akkang doli tu pasar adong inna situhoronna

tadi pigi abang tertua kepasar ada katanya yang mau dibeli kalimat ini kemungkinan ke abang tertua yang sudah menikah.

Dalam bahasa batak jika diartikan secara kata per kata dalam bahasa Indonesia artinya jadi beda, jika masih baru belajar mungkin akan sangat sulit , namun untuk menerjemahkannya harus sesuai dengan pelafalan atau kalimat yang sedang atau terlontarkan. Demikian lah beberapa kata yang ada dalam bahasa batak yang sering digunakan dan serta beberapa contoh kalimat. Jika ada kesalah atau tidak berkenann dihati saudara parjolo ma hami marsantabi terimakasih .

NB : Tidak semua kalimat bahasa batak bisa diartikan secara kata per kata .
Author Profile

About bangrinal purba

“Kekuatan bukan berasal dari kemenangan. Perjuangan adalah yang melahirkan kekuatan. Ketika Anda menghadapi kesulitan dan tak menyerah, itulah kekuatan.”

0 Komentar bahasa bataknya tidak, sayang, abang, maaf, apa kabar, iya, terima kasih

Posting Komentar

Back To Top