Kupas360.com

Situs Informasi Berita Terkini dan ilmu Pengetahuan

Jumat, 10 November 2017

arti dari bahasa batak lateung dan bodat

arti dari bahasa batak lateung dan bodat

bagi yang tidak mengetahui pasti bertanya tanya alias sukkun sukkun apa itu bodat dan latteung apa kah kalimat itu pujian atau sebagainya. Hmmm,... tentu tidak bisa dikatakan kedua kalimat ini adalah kalimat makian.
bodat sama dengan monyet dalam bahasa batak
bodat = monyet dalam bahasa batak toba dan simalungun
Bodat adalah monyet
Orang bangso batak atau halak hita batak sering kali bilang memang bodat lah kau, amang tahe ngerinai. Namun ada juga yang kebingungan saat di ucapkan kepada nya seperti itu. Kalau tidak bingung kan ngak mungkin dicari di internet heheh bercanda ya.

Bodat adalah nama binatang yaitu monyet, you know lah kan monyet kayak mana sikapnya. Jadi kata bodat ini diibaratkan kepada tinggkah manusia,. Jika ada yang mengucapkan botul ma ho songon bodat . wahh ini betul betul makian , bagaimana tidak. Jika ada yang mengatakan betullah kamu seperti monyet . yah kan masa manusia disamakan sama monyet. Namun bagi yang sudah akrab mungkin bodat ini sudah biasa , atau mungkin sebutan untuk persahabatnnya. Hahahha ada yahh yang kayak gitu ya mungkin ada sih.

Latteung adalah tanaman sejenis terong
Ketika sedang kesal atau memiliki perasaan yang tidak mood kepada seseorang atau bahkan kepada sesuatau , akan terlontar kalimat latteung. Kata kata ini sangat sering terdengar apalagi didaerah sumatera utara kalimat ini sering digunakan untuk menyindir. Latteung dalam arti yang sebenarnya adalah sejenis tanaman terong teronan , daun dan batangnya sangat mirip dengan terong. Tanaman ini sering dibuat sayur atau digoreng lalu disambal menjadi lauk . latteung ini sangat banyak ditemukan ditapanuli sumatera utara hahaha dikampungku ini banyak kali mahhh. Latteung ini memiliki nama latin yaitu “ solanum melongena “ . namun tanaman ini tentu memiliki perbedaan dengan terong yaitu latteung berduri dari buah sampai batang dekat akarnya.

Nah karena sebagian orang batak menganggap tanaman latteung ini tidak berguna ( pada saat ini ) . karena biasanya latteung ini ditemukan di semak semak karena batangnya yang pendek makanya jika orang batak pergi keladang atau hutan dari semak semak sering kali menginjak atau terinjak oleh kaki kita duri dari tanaman ini. karena untuk saat ini sama orang batak tanaman ini tidak berguna pada manusia , makanya orang batak sering mengibaratkan latteung ini pada sifat manusia yang mempunyai sifat jelek , tidak berguna

Contoh kalimat latteung
- Eh tahe maho jolma latteung ho yang berarti “manusia yang tidak berguna”
- Latteung mullop- ullop istilah ini diibaratkan tentang kotoran yang melintas disungai
Pokoknya kalimat latteung dan bodat ini tidak bagus yah guys jangan sembarangan untuk mengungkapkannya. Nanti tidak mengenalnya disebut pulak bodat dan latteung apalagi sama orang batak kenak bacok kita nanti hehehh. Demikian artikel ini semoga bermanfaat yah.

Back To Top